ITALIA KIRIM 110 PELATIH MILITER KE IRAK

Pasukan Irak akan dilatih oleh pelatih militer Italia. (Foto: ForeignPolicy.com)
Pasukan akan dilatih oleh pelatih militer . (Foto: ForeignPolicy.com)

Baghdad, 25 Ramadhan 1436/13 Juli 2015 (MINA) – Italia siap mengirimkan 110 pelatih militer ke Irak dalam upaya membantu pasukan keamanan negeri minyak itu memerangi kelompok Islamic State (Daesh/ISIS).

“Hingga 110 pelatih Italia akan berbagi pengalaman militer mereka dengan pasukan keamanan Irak musim gugur ini,” kata Kementerian Dalam Negeri Irak pada sebuah pernyataan Ahad (12/7), Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pernyataan itu muncul setelah terjadi pertemuan antara Menteri Dalam Negeri Irak Mohammed Salem Al-Ghabban dan Duta Besar Italia Marco Carnelos di Baghdad.

Pernyataan itu menambahkan, Al-Ghabban dan Carnelos membahas isu-isu kerjasama dalam keamanan dan pelatihan pasukan Irak.

Namun tidak disebutkan jumlah pasukan Irak yang akan ambil bagian dalam pelatihan yang dijadwalkan untuk musim gugur tersebut.

Italia yang merupakan anggota dari koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) dalam memerangi ISIS, mengumumkan pada Oktober 2014, mengirimkan 80 penasihat militer ke Baghdad selain 200 penasihat militer dan tiga pesawat pengintai ke Erbil, ibukota pemerintah daerah Kurdi di Irak utara. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0