ITFC-IDB Siapkan Pembiayaan Darurat Anggota OKI Senilai Rp4,8 T

Jeddah, MINA – Lembaga keuangan Islam ITFC, (International Islamic Trade Finance Corporation), menyiapkan pembiayaan darurat bagi negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dalam upaya menangani wabah ovid-19.

ITFC merupakan bagian dari Islamic Development Bank (IDB atau IsDB), menyediakan stimulus bantuan Rapid Response Initiative (RRI) senilai US $ 300 juta (sekitar Rp4,8 triliun) yang segera tersedia.

Lembaga ini bergerak untuk mengkonsolidasikan upaya mengurangi risiko sosial-ekonomi yang ditimbulkan oleh virus kepada semua pemangku kepentingan di negara-negara anggota OKI. Sumber CNBC menyebutkan, Senin (6/4).

“Saat kami menilai bagaimana Covid-19 memengaruhi pekerjaan dan dampaknya terhadap negara-negara anggota OKI, kami bekerja sama dengan para pemangku kepentingan, mitra, bisnis, dan lembaga keuangan,” bunyi pernyataan.

Pernyataan menambahkan, dialog akan memungkinkan respon secara terkoordinasi untuk mengatasi kejatuhan ekonomi, di samping langkah-langkah praktis lainnya.

ITFC juga menanggapi berbagai permintaan negara-negara anggota untuk menyediakan program bantuan teknis terkait krisis langsung, termasuk pembangunan kapasitas tenaga medis dan peningkatan kapasitas laboratorium. ITFC juga membantu dalam pengadaan peralatan medis dan obat-obatan.

Dana ini secara langsung disalurkan ke negara-negara anggota OKI yang memenuhi syarat yang paling membutuhkan dukungan. Ini terutama untuk pasokan energi, perawatan kesehatan, keamanan pangan, dan persyaratan dukungan kehidupan lainnya yang kritis.

ITFC sedang dalam konsultasi terus-menerus dengan negara-negara anggota OKI untuk memastikan kebutuhan mereka yang paling mendesak ketika pandemi ini makin marak.

Dana tambahan bagi Program Respons Pemulihan (RRP), juga akan disiapkan senilai AS$ 550 (sekitar 8,9 triliun) juta lagi untuk dua tahun ke depan.

RRP bertujuan memperbaiki kerusakan sosial-ekonomi yang diperkirakan akan berlangsung lebih lama dari dampak langsung virus.

Sejak 2008 ITFC telah menyediakan lebih dari AS $ 51 miliar kepada negara-negara anggota OKI sebagai katalisator bagi pengembangan perdagangan untuk anggota OKI.

ITFC juga membantu entitas di negara-negara anggota OKI untuk mendapatkan akses yang lebih baik ke keuangan perdagangan dan memberi mereka alat pengembangan kapasitas perdagangan, yang akan memungkinkan mereka bersaing di pasar global. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)