Jajak Pendapat: 81% Orang Amerika Tidak Tahu Dunia Arab di Peta

Peta Timur Tengah.

Dubai, 5 Sya’ban 1438/2 Mei 2017 (MINA) – Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh Arab News / YouGov menghasilkan bahwa delapan dari sepuluh orang (AS) tidak dapat menunjukkan wilayah Arab di peta.

Survei yang dilakukan terhadap 2.057 orang di AS ini menunjukkan tingkat pengetahuan yang sangat rendah tentang Timur Tengah dan Afrika Utara.

Lebih dari seperlima responden menyebut “Agrabah” saat ditanya tentang dunia Arab, sebuah kota fiktif dari kisah “Aladdin”.

Sebesar 38 persen responden akan senang dengan larangan bepergian pada warga Agrabah ke AS jika terbukti menjadi ancaman. Demikian Arab News memberitakan yang dikutip MINA.

Publik AS lebih mengetahui tentang dunia Arab dari fiksi Disney.

Jajak pendapat “The Arab Image in the US” yang dilakukan pada 17-21 Maret lalu, mendapati bahwa 65 persen responden mengaku tidak tahu banyak tentang dunia Arab, 30 persen tidak tertarik untuk memahami wilayah ini lebih jauh.

Lebih dari tiga perempat responden mengatakan bahwa mereka tidak akan mempertimbangkan untuk bepergian ke dunia Arab. Sementara 39 persen mengatakan bahwa seluruh wilayah Arab terlalu berbahaya untuk dikunjungi.

Hasil jajak pendapat tersebut diterbitkan Selasa (2/5) yang bertepatan dengan Forum Media Arab (AMF) di Dubai.

Stephan Shakespeare, Pimpinan Eksekuti YouGov, mengatakan bahwa temuan tersebut penting dan menjadi perhatian, terutama di saat Presiden Donald Trump meningkatkan keterlibatan AS di dunia Arab. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.