Gubernur Jakarta Gelar Diplomatic Corps Gathering

Anies Baswedan sambut Dubes Negara-negara Asiap Pasifik di Gedung Balai Kota Jakarta (foto: Instagram)

Jakarta, MINA – Pemerintah Provinsi Jakarta kembali menggelar Diplomatic Corps Gathering 2019 di Ruang Sunda Kelapa, Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (9/4).

Dalam acara ini Gubernur DKI Jakarta, Baswedan menyambut puluhan duta besar (dubes) negara-negara kawasan Asia Pasifik untuk Indonesia. Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, A.M. Fachir juga hadir dalam acara tersebut.

Gubernur berharap Pemprov DKI Jakarta dapat memfasilitasi hubungan diplomatik dengan berbagai negara yang menempatkan perwakilannya melalui kantor-kantor Kedutaan Besar di ibu kota.

“Jadi DKI Jakarta adalah ibu kota, tuan rumah 162 kedutaan yang ada di Jakarta. Nah kita tidak ingin Jakarta hanya jadi ibu kota Indonesia yang memfasilitasi daerah saja. Tapi juga memfasilitasi corps diplomatic. Karena itu, mulai tahun lalu, saya mengundang para duta besar untuk bertemu setahun sekali di Balai Kota ini, di mana kita bisa ngobrol,” ujar Gubernur Anies usai pertemuan, demikian keterangan tertulis Pemprov DKI.

Baca Juga:  Hari Ini Timnas Indonesia U-23 Incar Tiket Terakhir Olimpiade

Gubernur Anies menyatakan pertemuan bersama Duta Besar negara-negara sahabat berpotensi membangun kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta. Anies menyebut Pemprov DKI Jakarta siap mengirimkan sumber daya manusia terbaiknya untuk mempelajari pengalaman terbaik dari negara lain terkait berbagai kebijakan kepada masyarakat.

“Jadi tujuan dari pertemuan diplomatik tadi adalah bertemu dengan para duta besar, menjalin hubungan (baik dengan mereka) sekaligus juga membuka potensi kerja sama. Karena tadi juga banyak dibicarakan banyak hal yang bisa kita kerja samakan antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik,” ungkap Anies.

Anies mencontohkan kerja sama untuk mempelajari kebijakan di Singapura dan Hong Kong. Ia juga menyebut Singapura akan bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta terkait pelatihan pemadam bencana kebakaran.

Baca Juga:  KNEKS Resmikan Kawasan Kuliner Ramah Muslim di Labuan Bajo

“Kita mendapatkan feedback, karena fungsi kita melayani (kedutaan besar di Jakarta). Salah satu komponen yang kita layani (sebagai Pemprov DKI Jakarta) adalah Korps Diplomatik. Jadi mereka menceritakan kebutuhan-kebutuhan yang mereka miliki di Jakarta. Dan kita harus memastikan bahwa sebagai ibu kota, semua kedutaan-semua diplomat terlayani dengan baik.” Ucap Gubernur Anies. (R/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.