Jamaah Haji Lempar Jumrah

Makkah, – Jutaan jamaah haji mulai melemparkan kerikil di Mina pada hari pertama Idul Adha, Selasa (21/8/2018) dan melempari Jamrat Al-Aqaba dengan tujuh kerikil.

Jamaah menyatakan kemudahan melemparkan kerikil, dengan layanan keamanan, kesehatan dan rawat jalan, serta kemudahan bergerak. Arab News melaporkan.

Mereka bergerak secara bertahap dan aman menuju Jembatan Jamarat dan daerah yang mengelilinginya, lalu kembali ke tempat penginapan mereka.

Lalu lintas jalan di kawasan Mina mengalir lancar, dan personel keamanan menawarkan saran dan arahan kepada para peziarah.

Abdullah bin Medlej Al-Medlej, sekretaris di Kementerian Urusan Islam, mengucapkan selamat kepada para tamu Allah karena tiba dengan selamat dan melakukan manasik haji.

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

“Meskipun area terbatas dalam pertemuan besar para peziarah datang setiap tahun ke tempat ini, Kerajaan Arab Saudi telah berhasil mengelola kerumunan besar,” kata Jihad Obaid, seorang peziarah Irak yang melakukan Haji untuk pertama kalinya.

Ia dan jamaah lainnya merasakan cuaca panas, tetapi penyiram air yang dipasang di sepanjang jalan telah sangat membantu, tambahnya.

“Penyiram ini mencerminkan betapa pedulinya pemerintah Saudi,” katanya.

“Kita semua tahu bahwa manusia tidak dapat mengendalikan tantangan cuaca, tetapi persiapan yang dibuat untuk melindungi para peziarah adalah tanda dari upaya besar untuk membantu peziarah melaksanakan ibadah haji dengan nyaman,” imbuhnya.

Mas’ood BuHadji, jamaah dari Aljazair, mengucapkan terima kasih kepada penjaga keamanan atas pekerjaan yang mereka lakukan untuk para peziarah.

Baca Juga:  Delegasi Media UEA Kunjungi MINA

“Saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada petugas keamanan yang dengan maksimal berusaha membantu para peziarah untuk dengan mudah menyelesaikan ritual mereka,” katanya.

“Haji sekarang lebih mudah dari sebelumnya, jembatan Jamarat, layanan dan semuanya,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Transportasi Dr Nabil bin Mohammed Al-Amoudi melaporkan keberhasilan programnya dalam mengangkut jamaah Haji dari padang Arafah ke Muzdalifah dengan bus, berjalan lancar. (T/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.