Jamaah Tausyiah dan Dzikir Kawal dan Payungi Calon Pengantin Nasrani ke Gereja

(Foto: Isitimewa)

 

Jakarta, 13 Jumadil Awwal 1438/11 Februari 2017 (MINA) – Aksi toleransi umat beragama ditunjukan jamaah Muslim yang mengikuti Tausyiah dan di Masjid Istiqlal Jakarta, Sabtu (11/2).

Sebagian massa berinisiatif memberi jalan,  mengawal dan memayaungi pasangan pengantin yang akan menikah di Gereja Kathedral,  guna menembus kerumunan massa memadati jalan di kawasan sekitar Lapangan Banteng itu.

Sebagaimana pemantauan MINA, di tengah padatnya kerumunan massa, dari arah Lapangan Banteng, sepasangan pengantin beserta beberapa rombongannya terlihat berjalan menuju ke Gereja Kathedral yang letaknya berhadap-hadapan dengan Masjid Istiqlal, tempat massa berkumpul.

Karena kondisi jalan di depan Kathedral telah dipadati massa, kendaraan yang mengantar pengantin itu hanya bisa melintas hingga Lapangan Banteng. Mereka pun akhirnya berjalan kaki hingga Kathedral. Melihat pasangan pengantin dan rombongannya, sebagian massa aksi 112 berinisiatif memberi jalan dan mengawal rombongan pengantin menembus kerumunan massa yang telah memadati jalan.

Pengawalan dari massa aksi 112 ini mendapat respon positif dari pengantin dan rombongan. Pengantin pria yang terlihat mengenakan jas berwarna abu-abu itu mengucapkan terima kasih kepada massa yang mengawal mereka, dengan tersenyum ceriah.

Tak hanya memberi jalan bagi pengantin, karena kondisi hujan, beberapa pemuda dari Front Pembela Islam (FPI) juga memayungkan pengantin dan rombongannya hingga ke depan pintu gereja Kathedral.

“Ayo buka jalan, kita tunjukkan umat Islam menjunjung toleransi,” ucap salah seorang anggota FPI yang memayungi pengantin.

Sampai di halaman gereja, massa kemudian kembali ke jalan. penganten dan rombongannya langsung masuk ke dalam gereja untuk melangsungkan ritual pernikahan.

Ratusan ribu Muslim dari berbagai daerah di Indonesia memenuhi sudut-sudut masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

Hujan yang mengguyur Kota Jakarta sejak pukul 03.00 dini hari pun tak menyurutkan semangat mereka mengikuti rangkaian acara yang diinisiasi Forum Umat Islam (FUI) itu meski mereka rela berada di luar ruangan.

Sementara, di antara peserta aksi terlihat tokoh dan ulama Islam yakni Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, Amin Rais, Hatta Rajasa, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, KH Didin Hafidhuddin, Ustaz Arifin Ilham, (PAN), dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta (Anies Baswedan- Sandiaga Uno) dan Agus Harimurti Bambang Yudhoyono-Sylviana, dan penyanyi religi Opick. (L/R01/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)