Safari Rajab di Pedalaman Papua

Bekasi, MINA – Al Fatih Kaaffah Nusantara () dijadwalkan akan menggelar di pedalaman Papua pada Ahad-Selasa (4-6/1).

Presiden AFKN KH MZ. Fadzlan R. Garamatan mengatakan, bahwa Safari Rajab AFKN bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat pedalaman Papua dalam menyambut .

Ustaz Fadzlan bersama tim AFKN akan bersafari dari kampung ke kampung menyampaikan penguatan ibadah untuk persiapan Ramadhan.

“Bentuk kegiatannya menyampaikan materi, diskusi mengingatkan kembali tentang perintah shalat lima waktu, meningkatkan kualitas membaca Alquran dan lain sebagainya,” kata Ustaz Fadzlan dalam keterangan tertulis diterima MINA, di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (25/1).

Selain membekali dengan penguatan ruhiyah, jelas Ustaz Fadzlan, AFKN juga akan memberikan berbagai bantuan ke masyarakat pedalaman di Kabupaten Sorong dan Raja Ampat.

“Seperti sembako, sarung, mukena, jilbab, Alquran, Iqra,” jelas Ustaz Fadzlan
yang juga pengurus Lembaga Dakwah Khusus Majelis Ulama Indonesia (LDK MUI) Pusat.

Dengan demikian,” lanjut Ustaz Fadzlan, diharapkan masyarakat pedalaman siap dan fokus menyambut kedatangan Ramadhan.

“Dengan adanya kita membawa bantuan seperti koko, mukena, sarung itu bagian kegembiraan. Mereka tidak perlu lagi beli baju, berli sarung. Tetapi mereka fokus beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala selama Ramadhan,” ujar Ustaz Fadzlan.

Menurutnya, Safari Rajab ini merupakan tradisi dakwah jelang Ramadhan yang dilakukan AFKN dari tahun ke tahun. Tentu, program ini mendapat apresiasi masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

“Pemerintah menyambut dengan baik karena kita dapat membantu pemerintah melakukan bimbingan mental Islam kepada masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia menyampaikan harapan agar Safari Rajab didukung berbagai pihak. Dukungan bisa berupa bantuan untuk kebutuhan masyarakat pedalaman Papua.

“Misalnya kebutuhan wakaf karpet masjid, sound system, mesin genset untuk penerangan masjid selama Ramadhan, maupun bantuan Alquran,” ujar Ustaz Fadzlan. (R/R4/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.