Jet Tempur AS Tembak Jatuh Pesawat Suriah di Raqqa

Jet tempur Super Hornets Amerika Serikat (Foto: Staff Sgt. Aaron Allmon)

Raqqa, 24 Ramadhan 1438/19 Juni 2017 (MINA) – Sebuah jet tempur Amerika Serikat (AS) menembak jatuh sebuah pesawat pemerintah Suriah di provinsi Raqqa, menurut beberapa pejabat dari kedua belah pihak.

Koalisi pimpinan AS pada hari Ahad (18/6) mengatakan, pihaknya menembak jatuh sebuah pesawat yang menjatuhkan bom pada pasukan pendukung AS yang memerangi kelompok Islamic State (ISIS) di Suriah utara.

Namun, tentara Suriah mengatakan, jetnya sedang dalam misi tempur melawan kelompok bersenjata di dekat kota Raqqa, ibukota de facto ISIS di Suriah. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga:  Banjir Kembali Melanda Afghanistan, 50 Orang Tewas

Insiden tersebut terjadi saat sebuah kelompok pemantau melaporkan terjadi pertempuran darat pertama antara pasukan pemerintah dan aliansi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) ya ng terdiri dari pasukan Kurdi dan Arab yang didukung AS.

Dikatakan bahwa dua jam sebelumnya, pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad menyerang pejuang SDF di kota Ja’Din di selatan Tabqa. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa