Jokowi Akan Bertemu Putin di Moskow

Moskow, MINA – Presiden Joko Widodo akan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow 30 Juni 2022, kata sebuah sumber dari Kremlin.

“Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Kami sedang mempersiapkannya sekarang,” kata sumber tersebut seperti dikutip dari Kantor Berita Rusia TASS, Selasa (21/6).

Menurut sumber tersebut, Indonesia adalah mitra penting Rusia dalam hubungan politik dan ekonomi.

Selain itu, Indonesia memegang Presidensi G20 dan akan menjadi tuan rumah KTT G20 November tahun ini.

“Putin telah diundang dalam pertemuan itu . “Kami pasti akan pergi”, tetapi dalam format apa yang akan diputuskan nanti. KTT akan berlangsung pada 15-16 November, masih banyak waktu, kita lihat saja nanti,” kata sumber tersebut.

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengkonfirmasi rencana pertemuan Jokowi dengan Putin tersebut.

“Ya, itu agenda Presiden. Saya kira apa masalahnya? Kan cuma mau mana,” kata Mahfud di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/6).

“(Kunjungan kenegaraan) itu ada tim sendiri,” tambahnya.

Serangan militer Rusia ke Ukraina memicu kecaman dan sanksi dari berbagai negara, khususnya Amerika Serikat serta sekutunya.

Bahkan sejumlah anggota G20 menyerukan Rusia dan dikeluarkan dari daftar kehadiran di KTT G20. Namun, Indonesia yang menjadi presiden G20 tahun ini memiliki tugas untuk mengundang semua anggota. (T/RE1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.