Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi Bicara Soal Ekonomi hingga Palestina di Pertemuan ASEAN-GCC

sajadi - Sabtu, 21 Oktober 2023 - 00:38 WIB

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 00:38 WIB

2 Views

Riyadh, MINA – Presiden RI Joko Widodo menghadiri sesi pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) gcc/">ASEAN-GCC (Gulf Cooperation Council) di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/10). la menyampaikan isu di bidang ekonomi hingga soal Palestina.

Jokowi menyampaikan ASEAN dan GCC perlu maksimalkan potensi ekonomi melalui investasi dan perdagangan yang berimbang, terbuka dan adil, termasuk dengan membentuk kerangka perdagangan gcc/">ASEAN-GCC.

“Dan melalui pembangunan industri, pengakuan sertifikasi halal serta pengembangan wisata halal,” ujar Presiden.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan isu di bidang ketahanan pangan dan energi. Menurutnya, keamanan rantai pasok pangan perlu terus dijaga melalui kerja sama teknologi pertanian dan pangan serta penyelarasan standar komoditas pertanian.

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

“Ketahanan sektor energi perlu kita perkuat melalui kemitraan yang saling menguntungkan dan berkelanjutan untuk mempercepat transisi energi,” ujar Presiden.

Isu lainnya adalah terkait perlindungan pekerja migran. Jokowi menegaskan komitmen ASEAN untuk meningkatkan perlindungan bagi para pekerja migran di tengah situasi global saat ini yang dinilai tidak menentu.

“Saya mohon dukungan negara-negara GCC,” tuturnya.

Terakhir, Jokowi kembali menegaskan bahwa tindak kekerasan harus dihentikan dan isu kemanusiaan harus menjadi prioritas saat ini. ASEAN dan GCC harus bersama-sama mencegah agar kondisi tidak semakin memburuk dan tidak melupakan bahwa akar masalahnya adalah pendudukan wilayah Palestina oleh Israel.

Baca Juga: Peringatan Setahun Kasus Rempang, Warga Gelar Doa Bersama

“Ini yang harus diselesaikan sesuai dengan parameter internasional yang telah disepakati. Di mana posisi ASEAN dan GCC harus jelas dan solid untuk mendukung solusi perdamaian yang adil dan langgeng di Palestina,” ucapnya. (R/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: LTM PBNU Gelar Pelatihan Digital untuk 400 Takmir Masjid Se-Jabodetabek

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Palestina
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia