Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi Segera Tunjuk UKP Dialog dan Kerjasama Antaragama

Nidiya Fitriyah - Kamis, 27 September 2018 - 11:39 WIB

Kamis, 27 September 2018 - 11:39 WIB

4 Views ㅤ

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menerima surat pengunduran diri Din Syamsuddin dari jabatan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban, Selasa (25/9) dan akan segera menunjuk penggantinya.

Setelah membaca surat dan bertemu langsung, Presiden mengatakan sangat menghormati pilihan Din Syamsuddin untuk mundur dari jabatannya selaku Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar Agama dan Peradaban.

“Beliau tentu sudah banyak pertimbangan matang untuk mundur dari jabatan itu. Karena mungkin pertimbangan yang bersifat politis beliau ingin netral, dan saya sangat menghargai itu. Saya respect kepada Pak Din,” kata Presiden Jokowi di Banten, demikian keterangan tertulis Sekretariat Kabinet RI yang dikutip MINA, Kamis (27/9).

Mengenai pengganti Din, Presiden Jokowi mengatakan secepatnya akan ia tunjuk.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Akhir Pekan: Sebagian Wilayah Jakarta Akan Hujan 

“Kalau bisa mungkin hari ini atau besok, karena lembaga ini sangat diperlukan sekali untuk dialog antar agama. Calon penggantinya sudah banyak, tinggal saya putuskan,” tegas Presiden Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Din Syamsuddin secara resmi telah mengundurkan diri dari UKP-DKAAP. Keputusannya mundur sebagai UKP-DKAAP karena saat ini Jokowi sudah berstatus sebagai calon presiden petahana. Sementara Din mengaku ingin bersikap netral.

“Sekarang presidennya yang bernama Joko Widodo jadi calon presiden maka kemudian dipersepsikan jabatan saya itu utusan khusus presiden sekaligus utusan khusus calon presiden,” kata Din usai rapat pleno Wantim MUI di Gedung MUI Pusat, Jakarta, Rabu (26/9).

Din mengatakan, posisinya sebagai tokoh pergerakan lintas agama dan peradaban, seperti sebagai Ketua Wantim MUI, anggota dari ormas-ormas Islam, menjadi kurang positif. Selain itu aspirasi politiknya juga terbelah.(R/R04/RS3)

Baca Juga: Beberapa Wilayah di Jateng Diprediksi Hujan Ektrem pada 8-9 September

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
MINA Sport
Kolom
Indonesia
MINA Millenia
MINA Health
Asia
Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto (foto: Humas Kemenko Polhukam)
Indonesia