JORDANIA: TIDAK ADA KAMERA DI AL-AQSHA

Jordan: No cameras inside Al-Aqsa Mosque

Amman, 24 Muharram 1437/6 November 2015 (MINA) – Baru-baru ini, Raja Abdullah II mengeluarkan pernyataan, pihaknya tidak akan memasang kamera di dalam dalam waktu enam pekan ke depan.

“Keputusan sangat jelas, tidak akan ada kamera di dalam masjid,” kata Abdullah II dalam sebuah pernyataannya. Demikian Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jum’at (6/11).

Sebelumnya pada bulan lalu, Israel dan Jordania sepakat untuk memasang kamera di Masjid Al-Aqsa. Kedua belah pihak awalnya mengatakan, kamera akan dipasang dalam beberapa hari pasca kesepakatan itu.

Rencana memasang kamera di Masjid Al-Aqsha sendiri disarankan Jordania dan diumumkan oleh Menteri Luar Negeri AS, John Kerry pada bulan lalu untuk meredakan ketegangan antara warga Palestina dan pemukim ilegal Israel.

Tidak ada tanggapan segera dari pihak Israel terkait pernyataan yang dibuat oleh .

Pada kesepakatan bulan lalu, Kerry juga mengemukakan pendapatnya, termasuk di dalamnya mendesak Israel sepenuhnya menghormati ‘peran khusus’ Jordania sebagai pengelola Masjid Al-Aqsha, menegakkan larangan doa bagi non-Muslim dan komitmennya untuk tidak membagi Masjid Al-Aqsha serta menolak setiap upaya merusak kesepakatan itu.

Di akhir pernyataannya, Raja Abdullah II menegaskan, Jordania berencana akan tetap membangun ruang kontrol di kompleks Masjid Al-Aqsha dan diawasi langsung dari negaranya. Tidak jelas apa peran Israel dalam rencana Jordania itu. (T/P011/R07)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0