Juara MTQ Banjarmasin Wakili Indonesia Dalam MTQ Internasional di Turki

(Foto: InfoPublik)

, 20 Sya’ban 1438/17 Mei 2017 (MINA) – Juara lomba Musabaqah Tilawatil Quran () Nasional Tingkat Kota Banjarmasin kategori memperoleh kehormatan untuk mewakili Indonesia dalam kegiatan MTQ Internasional di Turki.

Rencananya, ia akan bertolak menuju Negara Turki Kamis (18/5), demikian laporan InfoPublik yang dikutip MINA.

M Rizqon dari Kecamatan Banjarmasin Selatan keluar sebagai pemenang pertama Untuk juara umum Tilawah. Sementara juara keduanya adalah Gusti Aisya Nor Khalisa dari Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Sedangkan juara umum Tahfizh pemenang pertamanya Sofia Mawaddah Al-Insyirah dari Kecamatan Banjarmasin Timur dan juara keduanya M Hifzi Abdillah dari Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Terpilihnya M.Rizqon sebagai juara MTQ ini mengukuhkan kedua kalinya Kecamatan Banjarmasin Selatan menjadi juara umum daerah dalam lomba MTQ Nasional Tingkat Kota Banjarmasin. Pada tahun ini, kembali kecamatan tersebut berhasil merebut kemenangan dalam MTQ Nasional ke-49 Tingkat Kota Banjarmasin yang dilaksanakan Kecamatan Banjarmasin Timur.

Kemenangan Kecamatan Banjarmasin Selatan itu ditetapkan dalam Surat Keputusan Dewan Hakim, nomor 01/KEP/DH-MTQ/49/V/2017, tentang Penetapan Peserta Terbaik MTQ, MHQ, Qioraat Al-Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran, Tartil Quran dan Juara Umum Cabang Tilawah, Tahfizh serta Juara Umum Daerah.

Keluar sebagai juara umum daerah dalam MTQ tersebut adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan dengan nilai 82, menyusul tuan rumah Kecamatan Banjarmasin Timur dengan nilai 78, selanjutnya Kecamatan Banjarmasin Utara dengan nilai 40, Kecamatan Banjarmasin Barat dengan nilai 27 dan Kecamatan Banjarmasin Tengah dengan nilai 22.

Meski begitu, berdasarkan keputusan yang telah disepakati bersama, maka penyelenggaraan MTQ Nasional ke-50 Tingkat Kota Banjarmasin tahun 2018, akan dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Tengah (Banteng).

Menariknya lagi, dalam MTQ kali ini ternyata ikut juga anak sulung Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang bernama Juhdi Muhammad. Pria yang akrab disapa Juhdi itu memperoleh kemenangan sebagai juara harapan ke-2 untuk kategori 1 juz Tilawah.

Menurut Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, para pemenang dalam MTQ kali ini akan diikutkan dalam MTQ tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin pada Bulan Oktober nanti. “Mudah-mudahan dengan formasi yang ada saat ini Kota Bnajarmasin bisa kembali menjadi juara umum lagi,” harapnya, saat menyampaikan sambutannya, Selasa (16/5).

Harapan lain yang juga dikatakan orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini saat itu adalah agar Kota Banjarmasin tetap bisa menjadi barometer MTQ di Kalsel. “Hal ini sesuai dengan visi dan misi Kota Banjarmasin yakni menjadi kota Baiman,” katanya.

Sementara itu, Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin mengatakan, semua cabang lomba dalam MTQ telah dapat diselesaikan sesuai waktu dan jadwal yang telah ditetapkan.

“Secara umum penyelenggaraan MTQ ini alhamdulillah berjalan lancar tanpa hambatan. Terima kasih kepada Bapak Walikota, Bapak Wakil Walikota Banjarmasin serta Sekda Kota Banjarmasin atas arahan dan bantuan yang telah diberikan hingga acara berjalan sukses,” ucapnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah beserta istri, Hj Siti Fatimah, kemudian istri Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Hj Siti Wasilah, serta istri Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani, Hj Aneta Olfah serta jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin itu, juga dilakukan penyerahan piala bergilir dari Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kepada Camat Banjarmasin Selatan. Selain itu, juga dilakukan penyerahan hadiah umroh dari Pemko Banjarmasin kepada juara umum tilawah kategori 1 dan 2, serta juara umum tahfizh untuk kategori 1 dan 2.

Dari informasi terhimpun, untuk pemenang lomba Pawai Taruf, juara pertama diraih pesert dengan nomor 022 dari Kecamatan Banjarmasin Timur, juara kedua diraih peserta bernomor 008 dari Kecamatan Banjarmasin Tengah, sedangkan juara ketiga diraih peserta bernomor 018 dari Kecamatan Banjarmasin Timur, untuk juara keempat diraih peserta bernomor 005 dari Kecamatan Banjarmasin Tengah, dan juara kelima diraih peserta bernomor 007 dari Kecamatan Banjarmasin Tengah. (T/R01/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.