Jubir Kemlu: Indonesia Dukung Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah (foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Jubir Kemlu) RI menegaskan, pemerintah Indonesia mendukung keanggotaan penuh .

Palestina telah melakukan upaya diplomatik baru untuk mendapatkan keanggotaan penuh di PBB. Presiden Palestina Mahmud Abbas berencana mengajukan permohonan itu di Sidang Majelis Umum PBB pada 23 September 2022.

“Yang ingin saya ingatkan adalah prosesnya mungkin berbeda karena harus dibahas lebih dulu di Dewan Keamanan PBB. Tentunya untuk bisa memuluskan upaya ini, harus dipastikan tidak ada anggota Dewan Keamanan PBB yang memberikan veto sehingga upaya ini tidak bisa berlanjut,” kata Faizasyah dalam press briefing virtual, Kamis (25/6).

Jika semua anggota Dewan Keamanan PBB, termasuk lima negara pemegang hak veto, yakni Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis, dan China mendukung, maka usulan Palestina menjadi anggota penuh PBB bisa dilanjutkan prosesnya ke sidang Majelis Umum PBB.

Jika sudah sampai di situ, Faizasyah menekankan kembali bahwa Indonesia akan mendukung resolusi terkait hal tersebut.

“Apabila proses di DK PBB ini sudah pasti, Indonesia pasti akan mendukung, sejalan dengan rekam jejak (track record) Indonesia selama ini dalam mendukung Palestina menjadi anggota berbagai organisasi internasional,” jelasnya.

Prancis dikabarkan mendukung keinginan Palestina menjadi anggota penuh PBB. Sedangkan, Swedia dan Irlandia telah menyatakan dukungan tanpa syarat mereka untuk langkah tersebut.

Sejak November 2012, PBB memberikan status negara pengamat non-anggota bagi Palestina dalam pemungutan suara bersejarah di Majelis Umum. Ketika itu 138 negara memberikan suara dukungan, 9 menentangnya, dan 41 abstain.

Dengan keanggotaan penuh di PBB, maka otoritas Palestina diharapkan bisa lebih mampu memperjuangkan kemerdekaan melalui solusi dua negara. (L/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.