Jubir Kemlu: Kehadiran Timnas Israel, Indonesia Tetap Konsisten Dukung Palestina

Jakarta, MINA – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menegaskan, Indonesia akan tetap konsisten mendukung Palestina. Hal ini ia sampaikan terkait rencana kehadiran tim nasional sepak bola Israel ke Indonesia pada Piala Dunia U-20 pada Mei 2023.

“Kami tegaskan kembali posisi Indonesia konsisten dan akan tetap konsisten,” ujar Faizasyah pada press briefing di Jakarta, Jumat (10/3).

Sementara mengenai kehadiran Timnas Israel ke Indonesia, partisipasi semua tim dan aturan main Piala Dunia U-20 ini ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA.

“Sejauh ini itu posisi prinsip Indonesia terhadap isu Palestina dan ini terkait persiapan acara terus dijalankan,” ujarnya.

Faizasyah menjelaskan, kehadiran tim Israel nantinya tidak akan mengubah sikap yang selama ini sudah diambil oleh Indonesia terhadap Palestina. Bahkan, isu-isu Palestina terus digaungkan, ketika banyak negara tidak membicarakannya.

Ia mengatakan, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi selalu secara khusus membawa isu Palestina di berbagai forum, seperti G20, Dewan Keamanan PBB dan Dewan Hak Asasi Manusia.

“Isu Palestina kembali diangkat oleh menlu sekalipun dalam pertemuan tersebut tidak banyak negara yang mengangkat isu itu,” ujar Faiz.

Belum lama ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan, pemerintah memberikan jaminan keamanan kepada timnas dari berbagai negara Piala Dunia tersebut, termasuk Israel.

Sementara beberapa lembaga, seperti MUI, AWG, MER-C hingga anggota DPR RI mendesak pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah untuk menolak keikutsertaan Israel dalam perhelatan tersebut. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.