Jumlah Gelandangan di New York Tembus Rekor

New York, 20 Dzulhijjah 1437/23 September 2016 (MINA) – New York City di merupakan kota yang paling kuat secara ekonomi dan pusat keuangan terkemuka dunia. Namun predikat itu tidak bersisihan dengan realitas tingginya jumlah gelandangan di sana.

 

Laporan kantor berita Sputnik yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Sabtu (24/9), menunjukkan  ledakan jumlah gelandangan atau kaum di New York City memecah rekor. Tercatat 59.698 orang tidur di tempat penampungan tunawisma dalam satu malam saja.

 

Komisioner Departemen Layanan Tunawisma, Steven Banks, mengatakan kepada Fox 5 NYC, “Masalah yang paling mendesak adalah memastikan tetap ada atap di atas kepala mereka dan merelokasi orang-orang ini dari sistem penampungan ke perumahan.”

 

Banks telah menjadi saran kritik setelah ia menyerukan mengubah sebuah hotel di Maspeth, Queens, menjadi tempat penampungan. Dia menegaskan angka rekor terbaru menunjukkan bahwa solusi ekstrem diperlukan untuk mengatasi masalah yang ekstrem pula.

 

“Ini masalah yang tidak terjadi dalam semalam dan tidak akan diselesaikan dalam semalam,” tegas Banks.

 

“Kami harus terus fokus pada memastikan orang memiliki atap di atas kepala mereka setiap malam. Ini merupakan persyaratan hukum di New York City tetapi ini juga kewajiban moral untuk memastikan warga New York tidak berakhir di jalanan,” ujarnya.

 

Banks mengklaim sebanyak 400.000 unit rumah dengan harga terjangkau telah menghilang di New York. Sementara di sisi lain jumlah tunawisma telah meningkat 115%.
Menurut mesin pencari apartemen dan rumah sewa RentJungle, harga sewa rata-rata apartemen di New York City adalah US$3.253 (Rp42 juta), sementara upah minimum kota adalah US$10,50 (Rp137 ribu) per jam.

Biaya hidup yang melangit memaksa orang-orang tinggal di perumahan penuh sesak dengan status ‘penyewa hantu’ karena nama mereka tidak tertera di kontrak sewa. (P022/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.