Kabupaten Bima Segera Miliki Politeknik Negeri

Kabupaten Bima, NTB – MINA – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat akan segera memiliki Politeknik Negeri.

“Politeknik harus dibangun di tempat yang memiliki potensi sumber daya alam untuk perkembangan sumber daya manusia (SDM) dan mendorong perekonomian daerah tersebut,” ujar Menristekdikti.

Dalam keterangan yang diterima MINA pada Ahad (14/4) Nasir menjelaskan, Vokasi Bima Universitas Mataram akan menjadi embrio kelahiran Politeknik Negeri Bima,  sejalan dengan kebijakan Kemenristekdikti yang salah satu fokusnya adalah pendidikan vokasi dan politeknik yang akan menjadi motor penghasil sumber daya manusia (SDM) terampil.

Pada kesempatan ini Menristekdikti kembali mengingatkan, saat ini negara yang maju bukan ditentukan oleh jumlah sumber daya alam ataupun jumlah penduduk, namun penguasaan teknologi dan inovasi.

“ Fokus pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia adalah Indonesia sentris, tidak boleh lagi pendidikan tinggi berkualitas hanya terpusat di daerah tertentu saja seperti pulau Jawa. Kehadiran Poltek Negeri Bima ke depannya diharapkan akan menjadi solusi bagi masyarakat, ” ulas Menristekdikti.

Menristekdikti Mohamad Nasir Sangat Mengapresiasi Kepada Jajaran Pemerintah Kabupaten Bima, yang memiliki semangat untuk memiliki Lembaga Pendidikan Tinggi.

“Dimana ada kemauan, pasti ada jalan”, tutup Menristekdikti.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bima, Indah Dhamayanti Putri menyampaikan kepada Menristekdikti bahwa Vokasi Unram yang berada di Kabupaten Bima merupakan cikal bakal dan cita-cita kita bersama untuk mewujudkan menjadi suatu Politeknik.

“Izinkan semangat kami, semangat generasi yang ada di Kabupaten Bima secara utuh dan mewakili beberapa kabupaten dan kota yang berdekatan dengan wilayah kami, semoga dengan segala keterbatasan dan kekurangan kami, akan terwujud Politeknik di Kabupaten Bima,” kata Bupati Indah. (R/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)