Kades Negararatu Siap Kembangkan Sorgum Bagi Petani Lamsel

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Kepala Desa (Kades) Negararatu, Herry Putra, S.Pd.I, MM siap mempromosikan tanaman sorgum ke petani Lampung Selatan.

Demikian ia sampaikan dalam sambutannya pada acara Panen Perdana Sorgum Bioguma 1 program ketahanan pangan Tim Ribath Covid-19 (TRC-19) Lampung, Kamis (18/3).

Dalam acara yang dilaksanakan di lahan pertanian Komplek Ponpes Al-Fatah, Dusun Dwi Darma, Negararatu, Lampung Selatan, ia mengimbau masyarakat kecamatan Natar khususnya Negararatu untuk menanam Shorgum.

“Kita akan kembangkan dan kenalkan ke Lamsel agar semakin banyak yang mengenal sorgum,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Team Ribath Covid-19 (TRC-19) Wilayah Lampung melaksanakan panen perdana tanaman sorgum di lahan wakaf Ponpes Al-Fatah Al-Muhajirun, Lampung Selatan, seluas kurang lebih dua hektar.

Perkebunan sorgum yang merupakan bagian dari Program Ketahanan Pangan TRC-19 yang bekerjasama dengan Indonesia Cerdas Desa (ICD) Lampung itu merupakan tanaman sorgum yang berjenis Bioguma I.

Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah), KH. Yakhsyallah Mansur yang hadir dalam acara tersebut berharap panen perdana sorgum tersebut menjadi langkah awal untuk Lampung menjadi lumbung pangan.

untuk itu, kades Herry mengatakan khususnya di wilayah Lamsel masih sangat luas, maka akan ia jadikan momen untuk mengembangkan alternatif pangan yang baru pertama kali ia rasakan.

“Saya jadi ingin menanam juga. Mohon arahannya dari Imaam Muslimin,” ujarnya.

Menurutnya, sorgum merupakan salah satu ketahanan pangan yang sangat luar biasa.

Selain rasa yang lebih nikmat dari nasi, terdapat banyak sekali manfaat dari sorgum, salah satunya gula darah terkendali.

“Kami akan ajak Lamsel gerak tanam sorgum, karena manfaatnya luar biasa,” tegasnya.

Herry menyampaikan, TRC masih terus akan dilibatkan di masa pandemi. Ia berharap semoga tetap sinergis dalam menyikapi keadaan-keadaan yang disebabkan Covid-19.

“Semoga Covid-19 cepat sirna. Yang penting tetap jaga protokol kesehatan, cuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak,” katanya.

Hadir juga pada acara tersebut, Amir Wakaf Pusat Jama’ah Muslimin (Hizbullah), Shafril Lubis, Perwakilan Cabang Ponpes Al-Fatah dari beberapa Kabupaten di Lampung, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Negararatu, Ayatullah Khomaini, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Novita Sari, dan beberapa perangkat desa Negararatu.(L/cha/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)