Kaleidoskop Amerika 2019

Januari

5 Januari.  Ilhan Omar, wanita muslim berjilbab, menandai hari pertamanya sebagai anggota Kongres AS  dengan berjanji akan membuat AS memenuhi cita-cita kebebasan beragama, dan mengecam perpecahan serta kebencian di negara itu.

8 Januari. AS resmi keluar dari Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO) sejak 1 Januari 2019. AS hengkang karena tidak sepakat dengan sejumlah kebijakan lembaga itu terkait Palestina.

11 Januari. Penutupan pemerintahan (shutdown) Donald Trump pecahkan rekor terlama setelah di negara itu setelah memasuki hari ke-22. Rekor penghentian terpanjang sebelumnya terjadi pada masa kepresidenan Bill Clinton yang berlangsung selama 21 hari.

18 Januari. Bom bunuh diri di Akademi Kepolisian di Kolombo menewaskn 21 orang, sementara 60 orang terluka. Penyelidik mencurigai pemberontak Tentara Pembebasan Nasional kiri (NLA) berada di belakang serangan bom itu.

28 Januari. Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Program Pangan Dunia (WFP) untuk Dewan Keamanan PBB melaporkan, sekitar 56 juta orang membutuhkan bantuan pangan dan mata pencaharian yang mendesak di delapan zona konflik di seluruh dunia.

 

Februari

4 Februari. Mendiang jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi yang dibunuh dikenang dalam klip suratkabar The Washington Post yang ditayangkan perdana di Super Bowl LIII, yang bertujuan menampilkan para jurnalis surat kabar itu dan bahaya yang mereka hadapi.

4 Februari. Para senator dari kedua partai di AS mendukung amandemen yang menentang rencana Presiden Donald Trump menarik pasukan dari Suriah dan Afghanistan.

18 Februari. Sebanyak 16 negara bagian AS mengajukan gugatan menantang status darurat nasional yang dideklarasikan oleh Presiden Donald Trump. Trump mendeklarasikan status darurat nasional pada akhir pekan sebeumnya dalam upayanya mencari dukungan dana yang akan digunakan untuk membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko yang dijanjikannya.

22 Februari. Presiden AS Donald Trump mengumumkan, Duta Besar AS untuk Kanada Kelly Craft sebagai calon yang akan menggantikan Nikki Haley sebagai duta besar di PBB.

23 Februari. Jared Kushner, penasehat senior Gedung Putih dan menantu Presiden AS Donald Trump, melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk mempromosikan rencana perdamaian Palestina-Israel yang juga menekankan kerja sama dan pembangunan ekonomi.

23 Februari. Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan bahwa pemerintahannya telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Kolombia.

 

Maret

7 Maret. DPR AS meloloskan resolusi Partai Demokrat untuk mengutuk anti-Semitisme, islamophobia, dan ekspresi fanatik lainnya.

8 Maret. Menurut sebuah jajak pendapat survei yang dilakukan situs web politik The Hill dan perusahaan riset dan layanan konsultasi pasar HarrisX, Muslim menghadapi lebih banyak diskriminasi daripada kelompok agama lain di AS.

 

April

4 April. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menekankan bahwa Dataran Tinggi Golan adalah tanah milik Suriah.

8 April. Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa AS mengecap Korp Garda Revolusi Iran (IRGC) sebagai “organisasi teroris” asing.

23 April. Seorang veteran tentara bernama Isaiah Joel Peoples yang menabrakkan mobilnya ke delapan pejalan kaki di Sunnyvale, California, karena  mengira mereka adalah Muslim dan ras bukan kulit putih. Semua korban terluka.

27 April. Laporan lembaga think tank progresif di Washington DC Pusat Penelitian Ekonomi dan Kebijakan (CEPR) menyebutkan, sekitar 40.000 orang mungkin telah tewas di Venezuela akibat sanksi AS.

 

Mei

1 Mei. Seorang remaja lelaki berusia 16 tahun tanpa pendamping dari Guatemala yang jatuh sakit telah meninggal ketika berada dalam tahanan pemerintah AS.

5 Mei. Presiden AS Donald Trump menyatakan, Amerika Serikat mendukung Israel “100%” menyerang Gaza karena “melindungi rakyatnya dari serangan roket.” AS juga mengerahkan kelompok penyerang pembawa dan satuan tugas pengebom ke Timur Tengah, bertujuan mengirim pesan yang jelas kepada Iran.

12 Mei. Untuk pertama kalinya sebuah salon kecantikan khusus Muslimah di buka di New York. Huda Quhshi, pemilik salon mengatakan, sebelum salon dibuka, sangat sulit bagi muslimah untuk merawat rambut mereka di salon biasa, yang bercampur dengan pelanggan atau staf laki-laki.

22 Mei. Presiden AS Donald Trump menyatakan keadaan darurat nasional karena ketegangan dengan Iran, sebagai alasan untuk mengabaikan keberatan Kongres untuk menyelesaikan penjualan senjata senilai lebih dari 8 miliar dolar AS ke Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Yordania.

 

Juni

2 Juni. Presiden AS Donald Trump mengatakan, dia akan mengumumkan pencalonan diri dalam pemilihan presiden 2020 pada Juni.

20 Juni. Presiden AS Donald Trump yang sempat menyetujui menyerang Iran, kemudian membatalkannya.

21 Juni. Pemerintah AS menempatkan Kuba dan Arab Saudi di peringkat terbawah dalam laporan terbaru tentang perdagangan manusia.

28 Juni. Senator Republik AS memblokir amandemen pengajuan Demokrat yang bertujuan membatasi wewenang Presiden Donald Trump untuk secara militer menyerang Iran tanpa perlu persetujuan Kongres.

 

Juli

17 Juli. Kongres AS sepakat memblokir 8,1 miliar dolar AS kesepakatan senjata ke Arab Saudi dan sekutu AS lainnya.

23 Juli. Jenderal Kenneth McKenzie, Komandan CENTCOM, mengatakan, sebuah kapal perang AS mengklaim telah menjatuhkan dua pesawat tanpa awak (drone) Iran dalam perselisihan di Teluk.

31 Juli. AS menjatuhkan sanksi terhadap Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

 

Agustus

3 Agustus. Dua penembakan massal yang terjadi di dua lokasi di AS kurang dari 24 jam menewaskan 29 orang dan melukai puluhan lainnya. Serangan pertama terjadi pada Sabtu pagi di kota perbatasan El Paso di Texas. Seorang pria bersenjata menewaskan 20 orang di sebuah toko Walmart sebelum menyerah kepada polisi. Di tempat lain, seorang pria bersenjata kedua yang mengenakan baju besi melepaskan tembakan di sebuah distrik Dayton, Negara Bagian Ohio, Ahad pagi, menewaskan sembilan orang dan melukai sedikitnya 27 lainnya.

6 Agustus. Penulis dan pengamat politik AS yang berbasis di Boston, Daniel Patrick Welch mengatakan, “semua presiden Amerika adalah rasis.”

 

September

6 september, Menurut hasil penelitian terbaru, tingkat bunuh diri di Amerika Serikat telah meningkat secara dramatis dalam 20 tahun terakhir, terutama di pedesaan Amerika.

24 september. AS memimpin lebih dari 30 negara dalam mengecam apa yang disebutnya sebagai “kampanye penindasan yang mengerikan” oleh China terhadap Muslim di wilayah barat Xinjiang.

26 September. Pemerintah AS mengumumkan pengiriman 200 orang tentara serta rudal Patriot ke Arab Saudi untuk membantu pertahanan negara itu setelah instalasi minyaknya mendapat serangan.

27 September. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyampaikan pidatonya pada sesi Debat Umum Sidang Majelis Umum PBB ke-74 di General Assembly Hall, Markas Besar PBB, New York, Jumat pagi.

29 September. Lebih dari 500 orang warga AS telah didiagnosis mengidap penyakit pernapasan terkait rokok elektrik atau vape, tetapi penyebabnya masih belum diketahui. Delapan orang telah meninggal.

 

Oktober

 

27 Oktober. Presiden AS Donald Trump mengkonfirmasi bahwa Abu Bakr Al-Baghdadi, pemimpin ISIS terbunuh dalam serangan operasi khusus AS yang diluncurkan di Suriah.

 

November
6 November. Proyek pembangunan pondok pesantren Nur Inka Nusantara Madani di Connecticut, AS, terus berjalan.

 

Desember

6 Desemberber. Menurut data Perusahaan Pengasuhan Anak, nama Muhammad untuk pertama kalinya masuk dalam daftar 10 nama teratas bagi bayi laki-laki di AS. Nama Muhammad telah lama naik dalam daftar tahunan BabyCenter dan menjadi 10 terpopuler.

10 Desember. Para pemimpin Partai Demokrat AS meluncurkan dua pasal pemakzulan terhadap Donald Trump, menuduh presiden itu menyalahgunakan kekuasaan dan menghalangi Kongres.

18 Desember. DPR AS yang dipimpin politisi Demokrat Nancy Pelosi sepakat memakzulkan Presiden Donald Trump.
28 Desember. Masyarakat Muslim Amerika Serikat (MAS) dan Lingkaran Islam Amerika Utara (ICNA) menggelar konvensi tahunan di kota terbesar ketiga AS, Chicago pada 27-29 Desember 2019. Konvensi tiga hari tersebut diharapkan dapat menyatukan lebih dari 20.000 Muslim seluruh dunia, terutama dari Amerika Utara. (A/Hju/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)