Kaleidoskop Eropa 2019

Januari

4 Januari. Larangan metode pemotongan hewan ritual Muslim dan Yahudi mulai berlaku di Belgia.

5 Januari. Turki menawarkan beasiswa dalam jumlah besar bagi pelajar mancanegara yang ingin mengasah ilmu di Turki.

15 Januari. Perdana Menteri Theresa May kalah dari Anggota Parlemen Inggris dalam pemungutan suara soal keluarnya Inggris dari Uni atau British Exit (Brexit).

28 Januari. Majelis Rendah Parlemen Irlandia mengesahkan undang-undang (UU) larangan impor atau penjualan barang dari permukiman Israel.

 

Februari

18 Februari. Kementerian Kesehatan Perancis merilis hasil penelitian pada 2015-2017 lalu, menyebutkan setiap tahunnya sekitar 30 ribu pria dan 11 ribu wanita kehilangan nyawa akibat penyakit terkait dengan konsumsi alkohol.

26 Februari. Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyuarakan keprihatinan atas dugaan penganiayaan terhadap Uighur dan Muslim lainnya di wilayah Xinjiang dan menyerukan Beijing untuk melindungi kebebasan beragama di sana.

 

Maret

4 Maret. Berbicara pada sebuah konferensi di Moskow, Mufti Besar Rusia Sheikh Ravil Gainutdin mengatakan, Muslim akan mencapai 30 persen dari jumlah populasi penduduk Rusia pada tahun 2034.

15 Maret. Warga Australia Brenton Tarran melakukan penembakan massal kepada jamaah shalat Jumat di Masjid Al-Noor di Christchurch, Selandia Baru. Aksinya disiarkan live streaming di akun Facebook-nya. Sebanyak 50 orang Muslim tewas dan 20 luka.

20 Maret. Hakim PBB memerintahkan mantan pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic menghabiskan sisa hidupnya di penjara dengan menjatuhkan hukuman seumur hidup karena genosida dan kejahatan perang yang dilakukannya dalam pembantaian Srebrenica Juli 1995, lebih dari 8.000 pria dan anak lelaki Muslim dibantai oleh pasukan Serbia Bosnia.

26 Maret. Parlemen Eropa mengeluarkan resolusi yang menyeru Uni Eropa dan negara-negara anggota untuk mengembangkan kebijakan antirasisme terhadap orang-orang keturunan Afrika.

29 Maret. Kanselir Jerman Angela Merkel menyerahkan penghargaan “Lamp of Peace” kepada Raja Yordania, Abdullah II, atas upaya hak asasi manusianya. Merkel selaku penerima penghargaan itu tahun lalu menganugerahkannya pada sebuah upacara di kota Assisi, Italia.

 

Mei

5 Mei. Sedikitnya 41 orang dari 78 orang dinyatakan meninggal setelah pesawat Rusia Superjet-100 melakukan pendaratan darurat di bandara Sheremetyevo, karena mengalami gangguan mesin.

24 Mei. Seorang pelaku pembakaran yang tidak dikenal melakukan kerusakan yang cukup parah terhadap sebuah masjid di Hagen, Rhine-Westphalia Utara, Jerman. Namun tidak ada korban.

 

Juni

21 Juni. Dr Rimla Akhtar, muslimah Asia pertama di Dewan Asosiasi Sepak Bola, meraih penghargaan Arabian Business London Awards kategori Penghargaan untuk Olahraga.

26 Juni. Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini bersikap tegas melarang kapal kemanusiaa berlabuh di Lampedusa, pulau paling selatan negara itu.

 

Oktober

2 Oktober. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sistem pertahanan udara S-500 telah diuji di Suriah.

12 Oktober. Perancis dan Jerman mengumumkan bahwa mereka menghentikan ekspor senjata ke Turki karena perang berkelanjutan Turki terhadap Kurdi di Suriah utara.

20 Oktober. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menilai rokok haram di dalam Islam, karenanya ia tidak akan pernah mengizinkan perusahaan rokok elektronik untuk memproduksi produknya di Turki.

 

November

17 November. Tim kesenian Kesatuan Bangsa Boarding School Yogyakarta Indonesia berhasil menorehkan prestasi dengan menyabet berbagai penghargaan pada 12th International Folklore Festival (INTERFOLK) in Russia di St. Petersburg, Rusia. Festival diikuti oleh 13 negara, yaitu Amerika Serikat, Belarus, Bulgaria, Estonia, India, Indonesia, Iran, Latvia, Perancis, Portugal, Rusia, Srilanka, dan Turki.

26 november. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Oslo mendorong pemerintah Norwegia mengusut insiden pembakaran Al-Quran oleh kelompok Stopp Islamiseringen Av Norge/Stop Islamisasi.

 

Desember

2 Desember. Ketua Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Fatao Bensouda menolak membuka investigasi terhadap insiden serangan militer Israel terhadap armada Mavi Marmara 2010.

24 Desember. Badan amal Oxfam yang berbasis di Inggris mengungkapkan, penjualan senjata Inggris ke koalisi pimpinan Arab Saudi dalam agresi di Yaman meningkat pesat 45 persen selama lima tahun terakhir.

27 Desember. Senjata antarbenua baru Rusia yang dapat terbang 27 kali kecepatan suara mulai beroperasi memperkuat kemampuan serangan nuklir negara itu. Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan kendaraan hypersonic glide Avangard sebagai terobosan teknologi yang sebanding dengan peluncuran satelit pertama Soviet tahun 1957. (A/Hmd/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.