Kaleidoskop Jama’ah Muslimin 2021

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) merupakan wadah kesatuan umat Islam yang bersifat rahmatan lil ‘alamin, dimaklumatkan secara terbuka pada Hari Raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1372 bertepatan dengan 20 Agustus 1953 di Jakarta.

Dalam melaksanakan perjuangannya, sebagaimana tertuang dalam dokumen MA’LUMAT No. 1/’72 disebutkan, perjuangan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) berpedoman pada Al-Quran dan As-Sunnah, serta berjuang karena Allah, dengan Allah, untuk Allah, bersama segenap kaum Muslimin menuju mardhatillah.

Jama’ah Muslimin (Hizbullah) saat ini dipimpin oleh Imaam Yakhsyallah Mansur, berpusat kegiatan di Pondok Pesantren Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Sepanjang tahun 2021 ini, di mana pandemi covid-19 masih belum usai, Jama’ah Muslimin melakukan beberapa program dan penyesuaian kegiatan yang selaras dengan peraturan  pemerintah untuk bisa menekan laju penyebaran virus Covid-19.

Kemerdekaan Palestina dan pembebasan Masjid Al-Aqsa tetap menjadi salah satu agenda utama perjuangan.

Melalui Lembaga Kepalestinaan-nya, Aqsa Working Group (AWG), Jama’ah Muslimin terus konsisten dalam  mendukung rakyat Palestina untuk merdeka dan berjuang demi terbebasnya Masjid Al Aqsa dari Pendudukan Israel.

Banyaknya bencana yang melanda tanah air juga menjadi perhatian Jama’ah Muslimin dengan mengirimkan relawannya yang tergabung dalam Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) ke berbagai lokasi bencana untuk membantu para korban.

Sementara itu program-program  lainnya seperti program dakwah, kesatuan ummat,  pendidikan keislaman, STIQBM, terus berkembang, mulai digalakkan program ketahanan ekonomi dan pangan.

Berikut beberapa program dan agenda Jama’ah Muslimin yang MINA rangkum dalam Kaleidoskop Jama’ah Muslimin 2021:

Program ketahanan ekonomi dan pangan di masa pandemi

Pandemi Covid-19 yang masih melanda di berbagai belahan dunia berdampak tidak hanya di sektor kesehatan tapi juga sektor-sektor lainnya termasuk ekonomi. Untuk itu Jama’ah Muslimin membuat program ketahanan ekonomi dan pangan lewat penanaman Sorgum.

Imaam Yakhsyallah Mansur pada Senin (11/1) berkunjung ke kebun sorghum yang lokasinya tepat berada di belakang Hotel Novotel, Sukaraja, Bumi Waras, Bandar Lampung. Program ini merupakan wakaf bersama Tim Ribath Covid-19 (TRC-19) bekerjasama dengan Indonesia Cerdas Desa (ICD) Lampung di bidang ketahanan pangan untuk mengantisipasi kemungkinan krisis pangan akibat pandemi virus Corona.

Panen perdana tanaman sorgum di lahan wakaf Ponpes Al-Fatah Al-Muhajirun, Lampung Selatan, seluas kurang lebih 2 hektare itu  dilaksanakan pada Kamis (18/3).

Selain itu, Jama’ah Muslimin juga mengembangkan budidaya lada hitam guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Program budi daya ini merupakan kerja sama antara Ponpes Shuffah Hizbullah Al Fatah dengan PT Cinquer Agro Nusantara (CAN), perusahaan yang bergerak dalam pengembangan komunitas petani lada di Indonesia.

Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur mengunjungi lokasi penanaman bibit Lada Hitam di kompleks Ponpes Al-Fatah pada Senin (11/1). Ia mengatakan, pengembangan budidaya lada hitam tersebut dapat meningkatkan perekonomian sehingga bisa lebih banyak mengeluarkan zakat.

Pertama Kalinya, Tabligh Akbar digelar secara virtual

Dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19, pemerintah menerapkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat. Untuk mematuhi peraturan tersebut pada tahun 2020 Jama’ah Muslimin menunda acara tahunan Tabligh Akbar karena situasi yang tidak memungkinkan.

Tahun ini untuk petama kalinya Tabligh Akbar digelar secara virtual pada 4 April 2021.

Tabligh Akbar ini diikuti jama’ah dari berbagai wilayah dan yang terjauh adalah dari Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, berbatasan dengan Kalimantan Tengah, berjarak sekitar 350 km lebih menuju Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Mereka sudah menyiapkan perjalanan ke Tayan sebulan sebelumnya untuk mendapatkan sinyal dan bisa menghadiri Taklim Akbar virtual ini.

Imaam Yakhsyallah genapkan penulisan buku ke-16

Imaam Yakhsyallah Mansur penulis produktif yang konsisten menulis tema-tema Islam dari berbagai aspek kembali menulis buku terbaru tentang “Covid-19, Tha’un, Palestina, dan Yahudi”. Buku tersebut menjadi karya ke-16 dan ditulis saat pandemi melanda negeri ini.

Direktur Bandar Publishing, Mukhlisuddin Ilyas pada Rabu (22/9), mengatakan buku yang diterbitkan itu masuk dalam kategori religi dan teraktual yang diterbitkan melalui penerbitan yang ia kelola. Menurutnya, animo pasar buku di musim pandemi banyak didominasi buku-buku religi.

Sebelumnya, Kantor Berita MINA melalui MINA Publishing House juga meluncurkan buku karya Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur berjudul “Konspirasi Memadamkan Cahaya Allah” diluncurkan secara luring pada Sabtu (17/4) dan buku “Mutiara Al Qur’an untuk Kesehatan”yang diluncurkan bersamaan dengan Festival Muharram MINA 1443 H pada Sabtu (28/8).

UAR ter jun ke berbagai lokasi bencana 

Bencana alam yang banyak terjadi di sepanjang tahun 2021 juga menjadi perhatian bagi Jama’ah Muslimin, di mana relawannya yang tergabung dalam Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) banyak dikirimkan ke lokasi bencana untuk membantu para korban.

UAR  saat ini memiliki 19 cabang di wilayah Indonesia sejak didirikan pada 2004 ketika bencana tsunami terjadi di Provinsi Aceh, oleh Almarhum Pimpinan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) H. Muhyiddin Hamidy.

Sepanjang tahun 2021, UAR menerjukan relawannya untuk misi kemanusiaan di antaranya membantu pencarian para korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1), mengirim korban gempa bumi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat pada Sabtu (30/1).

Tim relawan UAR terjun ke lokasi bencana tanah bergerak di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Ahad (31/1). UAR wilayah Karawang terjun ke lokasi banjir dan menggalang donasi untuk korban banjir Cikampek dan sekitarnya.

UAR bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang melakukan evakuasi dan distribusi makanan untuk korban banjir di Perumahan Periuk Damai Kecamatan Periuk Kota Tangerang. UAR Korda Brebes salurkan bantuan bahan pangan untuk para pengungsi bencana banjir di Pekalongan, Jawa Tengah, pada Selasa (23/2). UAR Korda Lampung Timur membantu perbaikan rumah warga terdampak puting beliung  Kecamatan Pasir Sakti, Lampung Timur, Selasa (7/12).

UAR juga mengirimkan relawannya ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur pada Rabu (15/12).

Kemerdekaan Palestina dan Pembebasan Masjid Al-Aqsa

Salah satu agenda utama Jama’ah Muslimin adalah  perjuangan pembebasan Al-Aqsa dan Palestina.

Melalui Aqsa Working Group (AWG) tahun ini menggelar berbagai acara dan menyampaikan statement yang menegaskan dukungannya untuk rakyat Palestina.

Salah satu acara yang digelar AWG tahun ini adalah  menggelar Pekan Solidaritas Palestina (PSP) yang merupakan acara tahunan dalam rangka mendukung pembebasan Masjidil Aqsa dan kemerdekaan Palestina. Tahun ini, mengangkat tema “Bergerak Berjama’ah Bebaskan Al-Aqsha dan Palestina,” yang digelar pada 22-29 November 2021.

Dalam rangkaian acara PSP 2021 AWG juga menggelar peluncuran buku “Pembebasan Masjidil Aqsha Kewajiban Seluruh Umat Islam”, Talkshow Millenial Peacemaker Forum di Gedung Merdeka, Bandung, Gowes Cinta Al-Aqsha di beberapa wilayah, dan pengibaran Bendera Palestina di puncak gunung.

Ketua Presidium AWG M. Anshorullah mengatakan, peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan PSP ini diperkirakan lebih dari 6.500 orang di seluruh wilayah Indonesia. (A/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)