Kawasan Bromo Kebakaran, TNBTS Tutup Semua Akses

Kebakaran di bukit Teletubbies kawasan gunung Breomo Jawa Timur (Foto: Istimewa)

Malang, MINA – yang melanda kawasan Taman Nasional Tengger Semeru () belum dapat dipadamkan dan terus meluas.

Pihak Balai Besar TNBTS memutuskan untuk menutup seluruh akses menuju taman nasional tersebut, sejak Ahad (10/9).

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani menyatakan, penutupan diberlakukan sejak kemarin, mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

“Untuk kelancaran proses pemadaman dan memperhatikan keamanan pengunjung, maka seluruh akses menuju dan atau melintas melalui Taman Nasional ditutup secara total,” kata Septi, Senin (11/9) seperti dikutip Beritajatim.

Menurutnya, akses hanya dibuka untuk masyarakat Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang dan masyarakat Desa Ngadas, Kabupaten Malang. Bagi masyarakat yang akan melintasi jalur Malang ke Lumajang atau Malang melalui Poncokusumo dan Senduro diimbau untuk mencari jalur alternatif lain.

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

“Penutupan akses diberlakukan untuk seluruh pintu masuk, yaitu Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo, dan Senduro Kabupaten Lumajang,” kata Septi.

Balai Besar TNBTS juga kembali mengingatkan masyarakat, pengunjung, dan pelaku jasa wisata untuk menjaga Kawasan TNBTS dari kebakaran hutan dengan tidak menyalakan api dan sejenisnya, baik petasan, kembang api, dan flare.

“Semua demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama. Serta melaporkan kepada petugas jika menemukan titik api di dalam Kawasan TNBTS,” ujar Septi.

Perlu diketahui, kebakaran yang melanda TNBTS dipicu flare yang digunakan saat sesi pemotretan pre-wedding. Percikan api dari flare membakar rumput di kawasan Taman Teletubbies.

Baca Juga:  Hardiknas 2024, Ketum ICMI Berpesan Agar Masyarakat Terus Belajar

Karena kondisi rumput kering akibat kemarau, maka api cepat membesar. Parahnya, pihak Wedding Organizer tidak segera memadamkan api saat masih kecil dan malam membiarkan rumput terbakar dalam skala besar. (R/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.