Kawasan Wisata Betawi Setu Babakan Jadi Obyek Favorit

Jakarta, MINA – Kawasan Wisata Betawi di Jagakarsa, Jakarta Selatan, masih menjadi alternatif destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya dalam mengisi . Terbukti area itu selalu didatangi ribuan warga selama musim libur Lebaran Idul Fitri 1440 H.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan, Imron, mengatakan sejak Kamis (6/6) hingga Sabtu (8/6) jumlah pengunjung Setu Babakan mencapai 14.775 pengunjung.
“Total tersebut dengan rincian Kamis sebanyak 4.098 pengunjung, Jumat sebanyak 4.562, dan Sabtu (8/6) melonjak mencapai 6.115 pengunjung,” ujarnya, Ahad (9/6).
Sementara itu Kepala UPK Setu Babakan Rafiqoh Mustafa menambahkan peningkatan jumlah pengunjung di prediksi akan terjadi pada hari Ahad ini.
“Pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya di hari akhir libur lebaran penaikan drastis jumlah pengunjung akan terjadi. Target kita 10 ribu pengunjung, hari ini akan lebih dari 6 ribu pengunjung,” ungkapnya.
Kawasan Setu Babakan dibuka mulai pukul 06.00-18.00 WIB dan museum dibuka pukul 09.00-16.00 WIB, sementara pertunjukan dimulai pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.
“Pertunjukan (kesenian dan budaya) Betawi seperti lenong, gambang kromong, dan lain sebagainya juga ditampilkan disini,” terangnya.
Salah satu pengunjung dari Tanjung Priok, Jakarta Utara, Laila (43 tahun) mengaku sengaja datang ke Setu Babakan untuk berwisata sekaligus mengenalkan budaya Betawi kepada cucunya.
“Saya kan orang Betawi jadi saya harus kenalkan budaya Betawi secara nyata kepada cucu saya, terutama pertunjukan seni dan makanan Betawi yang di jajakan disini sangat langka,” ujarnya. (L/R11/P1)
Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.