Menhub: Tiga Titik Jalur Mudik Ini Perlu Penanganan Khusus

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberi keterangan usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau arus mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). (foto: Humas Kemenhub)

Jakarta, MINA – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, ada tiga jalur 2024 yang perlu mendapatkan penanganan khusus, yakni Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Pelabuhan Merak Banten, dan Pelabuhan Ketapang.

“Nah darat satu tempat yang paling berjuang seperti yang sudah saya sampaikan. Ada tiga tempat yaitu Cipali, Merak, lalu di Ketapang. Dari tiga itu, dua yang paling kita lakukan dengan luar biasa,” ujar Budi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024).

Dia mengatakan, terdapat kenaikan volume kendaraan pada mudik kali ini. Di tahun ini rata-rata kenaikannya mencapai 13 persen. Sementara di Jalan Tol Cipali bahkan mengalami kenaikan hingga 23 persen, namun Budi mengklaim hal ini tidak menyebabkan kemacetan arus lalu lintas.

“Di Cipali walaupun ada satu hari naik 23 persen tetap tidak terjadi kemacetan. Rata-rata, kenaikan tahun ini 13 persen. Kenaikan-kenaikan di sektor darat biasanya tidak lebih dari lima persen, tahun ini kenaikan 13 persen dan satu hari 23 persen,” jelasnya .

Selain itu, arus mudik di Pelabuhan Merak juga mendapat sorotan karena adanya kemacetan panjang akibat meningkatnya volume kendaraan menjelang Lebaran.

Budi mengatakan, peningkatan volume kendaraan di Pelabuhan Merak ini menimbulkan kemacetan yang terjadi karena ketidaktaatan masyarakat yang belum memiliki tiket saat akan melakukan penyeberangan di pelabuhan.

“Kalau di kereta api kan mereka beli tiket, dia datang dua jam sebelumnya. Kalau ini ada yang belum (beli) tiket bahkan berputar besok pagi, dia datang. Maka terjadilah antrean sebanyak lebih dari 10km,” jelasnya.

Sebelumnya Budi mengatakan, Kemenhub telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait, khususnya TNI-Polri agar arus mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar. (R/Ai/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Arina Islami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.