Keadaan Darurat di British Columbia, Kanada, Setelah Kebakaran Hebat

Foto: Deutsche Welle (DW)

British Columbia, , 15 Syawwal 1428/9 Juli 2017 (MINA) – Otoritas Provinsi British Columbia, Kanada, telah mengevakuasi ribuan orang akibat cuaca panas dan kering yang memicu kebakaran besar di wilayah itu.

Sekitar 138 kebakaran baru terjadi pada hari-hari terakhir ini, sehingga menjadi insiden kebakaran terburuk dalam satu dekade.

Media Jerman Deutsche Welle yang dikutip MINA, melaporkan, sekitar 3.000 penduduk di bagian tengah provinsi tersebut diperintahkan untuk mengungsi karena angin membuat pergerakan api semakin mendekat pada Sabtu (8/7) waktu setempat.

Sekitar 56 kebakaran baru bermula di penjuru British Columbia pada tengah hari Sabtu, meningkatkan jumlah kebakaran liar yang berbahaya dan aktif menjadi lebih dari 240, media setempat melaporkan.

“Mengingat situasi kebakaran saat ini dan peningkatan aktivitas kebakaran yang diperkirakan terjadi, provinsi mengambil tindakan yang luar biasa untuk mengumumkan keadaan darurat tingkat provinsi,” kata Kepala Manajemen Transportasi dan Darurat British Columbia, Todd Stone.

Keadaan darurat adalah yang pertama di provinsi ini sejak 2003, meskipun ada juga kebakaran hutan besar pada 2016. Adapun provinsi lainnya yakni Provinsi Alberta mengumumkan keadaan darurat pada tahun 2016.

“Ini adalah situasi yang mendesak dan keamanan publik menjadi prioritas utama,” bunyi siaran pers dari pemerintah Provinsi British Columbia.

Warga diperintahkan untuk mengevakuasi desa Ashcroft dan Cache Creek di Distrik Thompson-Nicola di provinsi tersebut, kata Stone. Sebuah rumah sakit ditutup sebagai tindakan pencegahan.

Kerusakan dan Peringatan

Wali Kota Cache Creek, John Ranta, mengatakan kepada wartawan bahwa kebakaran telah menghancurkan setidaknya lima rumah, 30 rumah tanaman gandeng, dan dua hangar bandara regional pada hari Jumat, namun tidak ada bangunan yang dilaporkan hancur pada Sabtu.

Pilot Angkatan Bersenjata Kanada melihat api di daerah Fort McMurray dari sebuah helikopter. (UPI Photo)

Lebih dari 3.600 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka di Distrik Kamloops, sekitar 60 100 kilometer timur Ashcroft, sementara kepala Distrik Cariboo Al Richmond mengatakan perintah evakuasi tersebut berlaku untuk 1.800 properti di barat laut Kamloops.

Juru bicara pemadam kebakaran British Columbia, Kevin Skrepnek, mengatakan kebakaran Gustafsen dimulai pada Kamis dan kebakaran sepanjang 4,6 mil merupakan kebakaran di sebelah barat 100 Mile House. Penyebabnya belum diketahui, tambahnya.

Insiden kebakaran ini telah memicu peringatan kualitas udara untuk wilayah Metro Vancouver.

Jaringan Cuaca melaporkan pada Sabtu bahwa sebuah tekanan tinggi di atas Kanada Barat menahan udara gurun yang panas menekan dari Amerika Serikat ke padang rumput dan masuk ke British Columbia. (R11/P1)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.