Kebakaran Hutan Masih Mengancam di Los Angeles

Ilustrasi: Kebakaran hutan di Los Angeles. (Matt Hartman via AP)

, MINA – Kebakaran hutan dan lahan besar baru-baru ini terus mengancam di utara Los Angeles, California, mendorong evakuasi lebih lanjut sekitar 9.000 orang dari rumahnya.

Kru pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api di Negara Bagian California itu, beberapa di antaranya dapat diperburuk oleh angin musiman, demikian Al Jazeera melaporkan.

Angin Santa Ana adalah fenomena cuaca regional yang mengirimkan hembusan dari daerah gurun di sebelah timur negara bagian ke pantai California Selatan.

Angin diperkirakan akan mencapai kecepatan berkelanjutan 80 hingga 110 kilometer per jam (50 hingga 70 mil per jam) pada Rabu dan Kamis, meningkatkan risiko percikan api dan bara api yang dibawa ke dalam kebakaran hutan baru di daerah yang belum terbakar.

Ini adalah perkiraan ramalan bagi petugas pemadam kebakaran yang telah berjuang melawan 240 hektar (9.600 hektar) api.

Api melahap bukit-bukit yang tertutup semak di sebelah barat Los Angeles.

Pasukan sekitar 1.100 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan apa yang disebut Getty Fire pada Selasa (29/10). Pada Rabu pagi, para kru berhasil mengatasi sekitar 15 persen dari kebakaran itu.

Menurut pihak berwenang, kebakaran diduga bermula ketika sebuah cabang kering dari pohon eucalyptus dilemparkan sejauh sembilan meter (30 kaki) oleh angin kencang ke sebuah kota Departemen Air dan Saluran Listrik, menyebabkan percikan api.

Walikota Eric Garcetti menyebutnya sebagai “tindakan Tuhan”. Kota itu sebelumnya telah memotong semak-semak dan pohon-pohon untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran hutan. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.