Kebakaran Lahan di Aceh Barat Capai 35 Hektare

Banda , MINA – yang terjadi di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Barat kembali meluas, diperkirakan mencapai lebih dari 35 hektare.

Data yang diperoleh dari BPBA, daerah yang terdampak kebakaran lahan ini masing-masing berada di Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, dengan luas lahan yang terbakar mencapai 10 hektare, dan di Desa Napai dan Desa Blang Cot Rubek, Kecamatan Woyla Barat, luas kebakaran lahan sudah mencapai sekitar 35 hektare.

“Saat ini semua tim Pusdalops BPBD Aceh Barat, bersama TNI, Polri, TRC, dan relawan RAPI masih berada di lokasi untuk memadamkan api,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat Mukhtaruddin, Senin (8/7).

Sejumlah armada pemadam kebakaran termasuk pompa air turut dikerahkan ke lokasi, guna mencegah kebakaran yang semakin meluas.

Hingga Senin siang, upaya pemadaman masih terus dilakukan, namun teriknya cuaca menyebabkan upaya pemadaman membuat petugas kewalahan.

“Saya masih menunggu data terbaru dari petugas di lapangan, karena setiap saat perkembangannya harus diperbaharui,” kata Muhktaruddin.

Sebelumnya, anggota Pusdalops BPBD Aceh Barat Asrajuddin, mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pemadaman api di sejumlah lokasi lahan gambut yang terbakar di dua kecamatan di daerah itu.

Pihaknya menduga penyebab kebakaran lahan yang terjadi sejak sepekan terakhir disebabkan karena musim kemarau yang melanda daerah itu, sehingga menyebabkan kebakaran lahan khususnya di areal gambut. (L/AP/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.