Keberadaan IPB Science Techno Park Akan Beri Keuntungan Ekonomi

Bogor, 25 Dzulhijjah 1437/27 September 2016 (MINA) – Direktur Institut Pertanian Bogor () Science Techno Park, Meika Syahbana Rusli mengatakan, keberadaan IPB Science Techno Park diproyeksi akan memberikan keuntungan ekonomi sosial serta lingkungan.

“Keuntungan ekonomi berupa peningkatan nilai tambah produk dan penciptaan lapangan pekerjaan, kemudian keuntungan sosial berupa tersedianya wahana pembelajaran bagi masyarakat. Sedangkan keuntungan lingkungan berupa bertambahnya lahan terbuka hijau dan ruang terbuka bagi terciptanya atmosfer yang baik di wilayah Bogor, ujar Meika.

“Jadi IPB Science Techno Park ini tempat melanjutkan fase penelitian sehingga hasil inovasi dapat diimplementasikan sebagai produk yang bisa ditawarkan dan dijual kepada masyarakat,” katanya pada sambutan acara open house Science Techno Park di Taman Kencana, Bogor, Selasa (27/9) pagi.

Menurutnya, “Ada ratusan hasil penelitian IPB dan inovasi yang dapat ditemui di IPB Science Techno Park seperti benih padi IPB 3S yang berpotensi memberikan hasil 11 ton per hektare, pepaya calina yang kini menjadi favorit di masyarakat, beras analog yang cocok untuk penderita diabetes dan obesitas”.

Ia menjelaskan, dalam kawasan IPB Science Techno park, dibangun `sharing Laboratory` and facility, sharing pilot plant are and faciltity, multi tenant building edutaimen dan galeri inovasi IPB, training an marteting centera, reserch, guest house, restoran, park management, ruang terbuka hijau, area parkir dan fasilitas pendukung.

Selain itu katulac yakni pakan tambahan untuk sapi perah, mesin fastrex transporter untuk lahan perkebunan dan kehutanan, mie jagung, sormeal sereal yang sehat terbuat dari bahan sorgum, sasumuzi, inventpro enzim rekombinan reverse transcriptase, dan rapit test flu burung berupa alat tes untuk mendeteksi flu burung secara cepat.

Dia berharap, secara khusus pihaknya mengundang pihak industri dan swasta untuk menghadiri open house IPB Science Techno Park untuk melihat langsung produk inovasi yang dikembangkan IPB, dengan harapan pelaku industri bisa membuka peluang bisnis bersama.

“Open house ini kami rancang terbuka juga bagi semua pihak yang ingin mengenal produk-produk inovasi IPB dan ingin bekerja sama dan mengembangkannya peluang binis dari produk jadi yang dikembangkannya,” terang Meika.

Hadir pula dalam acara open house Science Techno Park seperti Mantan Menteri Kehutanan Periode 1993-1998 Djamaluddin Suryohadikusumo, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, Direktur Utama Bank Nasional Indonesia (BNI) Achmad Baiquni. dan pejabat lainnya. (L/P002/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.