Kedubes Israel di Kairo Akan Kembali Dibuka

di . (Foto: Palinfo)

Kairo, MINA – Sejumlah media Israel mengungkapkan, Kedutaan Besar (Kedubes) Israel di Kairo akan segera kembali dalam beberapa pekan yang akan datang.

Kantor berita intelijen Zionis “Walla” mengungkapkan, sebuah delegasi Israel yang terdiri dari perwakilan dinas keamanan umum dan kementerian luar negeri pekan ini bertemu dengan sejumlah elit intelijen Mesir dan keamanan dalam negeri serta para pejabat Mesir lainnya.

Pertemuan itu disinyalir untuk membahas pengaturan keamanan dengan para pejabat keamanan Mesir, sehingga para pegawai kedubes Israel bisa kembali ke Kairo setelah beberapa bulan ditutup dengan penguatan prosedur keamanan di sekitar kedutaan.

Dalam laporannya, Walla menyatakan, saat ini tinggal menunggu keputusan dari Israel untuk membuka kembali kedutaannya di Kairo yang ditutup sejak akhir tahun 2016 lalu.

Menurut Walla, Gopherin, yang fasih berbahasa Arab, adalah dubes yang ditunjuk Israel pada musim panas tahun lalu menggantikan dubes Haim Korin, yang pulang ke Israel setelah dua tahun menjabat.

Israel menutup kedubesnya di Kairo pada awal Desember 2016 lalu dan memulangkan para diplomatnya, termasuk dubes, karena apa yang mereka sebut “situasi keamanan sensitif di Mesir dan kekhawatiran terjadinya serangan pada kedutaan.”

Selain di Mesir, kedutaan Israel di Yordania hingga saat ini juga masih ditutup, setelah kasus keamanan yang terjadi di sana, ketika seorang petugas keamanan di kedutaan Israel membunuh dua warga Yordania. (R/R06/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)