Kedubes-Kedubes Turki Peringati Kematian ke-80 Tahun Pendiri Republik Turki

Ankara, MINA – Peringatan kematian ke-80 tahun Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Republik Turki, tanggal 10 Nopember, diperingati kedutaan-kedutaan Turli di berbagai negara di dunia.

Kedutaan Turki di ibu kota China, Beijing, menyelenggarakan upacara untuk memberi penghargaan kepada Ataturk. Banyak warga Turki yang menghadiri acara tersebut.

Para tamu memberikan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Turki. Seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Upacara lain diadakan di kedutaan Turki di ibu kota Azerbaijan, Baku. Selain Duta Besar Turki Erkan Ozoral, staf kedutaan dan siswa sekolah menengah di negara itu menghadiri upacara.

Ozoral menempatkan karangan bunga di monumen Ataturk dan lagu kebangsaan Turki dan Azerbaijan dimainkan.

Di tempat lain, kedutaan Turki di ibu kota Kazakhstan, Astana, menyelenggarakan upacara dengan hadirnya Duta Besar Nevzat Uyanik, perwakilan lembaga Turki di Kazakhstan, diplomat Turki, dan warga Turki yang tinggal di Kazakhstan.

Film pendek tentang kehidupan Ataturk juga ditampilkan dalam upacara.

Tempat kelahiran Ataturk

Ribuan orang menghadiri upacara yang diadakan di kota Yunani, Thessaloniki, tempat kelahiran Ataturk.

Konsul Turki di Thessaloniki Orhan Yalman Okan mengadakan upacara di rumah tempat Ataturk dilahirkan. Okan mengatakan bahwa berkumpul di rumah tempat Ataturk dilahirkan sangat menggugah emosional bagi orang Turki.

“Kami memperingati dia di setiap bagian Turki dan secara global tetapi memperingati dia di rumah, dia dilahirkan sangat berbeda,” katanya.

Upacara terpisah diadakan di Kedutaan Besar Turki di Athena.

Di Moskow, selama upacara di Kedutaan Besar Turki di sana, Duta Besar Turki Huseyin Dirioz membaca pesan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada peringatan kematian Ataturk.

Selain Moskow, Kedutaan Turki di ibu kota Kyrgyzstan, Bishkek, mengadakan upacara serupa.

Peringatan kematian Ataturk juga ditandai di Belgia dengan upacara yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Turki di Brussels dan konsulat di Antwerp. Kantor Perwakilan Tetap NATO Turki di Belgia juga menyelenggarakan acara yang sama.

Wilayah Balkan

Kantor perwakilan diplomatik Turki di kota-kota Bulgaria, Sofia, Plovdiv, dan Burgas juga menyelenggarakan upacara peringatan di masing-masing kota.

Staf kedutaan, warga negara Turki dan perwakilan LSM menghadiri upacara di Sofia.

Duta Besar Turki untuk Sofia Hasan Ulusoy mengatakan Ataturk memberi arti penting bagi persahabatan Turki-Bulgaria.

Anak-anak, yang menjadi tamu pada upacara di kedutaan, mengunjungi kantor Ataturk, di mana dia bekerja sebagai atase militer.

Selain itu, kedutaan Turki di Sarajevo, Beograd, Zagreb, Skopje, Tiran dan Pristina mengadakan upacara, yang dihadiri oleh warga Turki dan perwakilan dari beberapa institusi.

Peringatan kematian Ataturk juga ditandai di ibu kota Hongaria, Budapest, di mana sekelompok orang mengamati satu menit keheningan di depan peringatan Ataturk di Naphegy Square.

Duta Besar Turki untuk Budapest Ahmet Akif Oktay mengatakan orang-orang Hungaria tahu Ataturk sangat baik dan orang-orang Hungaria berduka untuk Ataturk ketika dia meninggal.

– Perang Kemerdekaan Turki

Upacara terpisah diadakan di Republik Turki Siprus Utara (TRNC), di mana Presiden Mustafa Akinci, Ketua Parlemen Teberruken Ulucay dan Menteri Luar Negeri Kudret Ozersay juga hadir.

Bunga pada peringatan Ataturk ditempatkan dengan memanjatkan doa satu meint. Di Timur Tengah, kantor perwakilan diplomatik Turki menyelenggarakan upacara di Mesir dan Irak.

Kedutaan Turki di Kairo dan konsulat di Erbil mengorganisasi upacara untuk menandai peringatan kematian Ataturk.

Ataturk lahir pada tahun 1881 di Thessaloniki, yang pada waktu itu adalah Kekaisaran Ottoman. Dia membuat tanda di militer pada 1915 ketika dia memimpin pasukan untuk mengusir invasi sekutu di Canakkale, yang dikenal di Barat sebagai Dardanelles.

Setelah runtuhnya Kekaisaran Ottoman usai Perang Dunia I, Ataturk memimpin Perang Kemerdekaan Turki, yang mengalahkan kekuatan Eropa. Ketika menjadi presiden, Ataturk mengubah bekas kekaisaran menjadi negara modern dan sekuler.

Ataturk meninggal di Istanbul pada 10 November 1938, pada usia 57 tahun. (T/RS3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)