Kejuaraan Bola Basket Piala Presiden 2019 di Solo

Solo, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali  meresmikan turnamen Bola Basket Piala Presiden tahun 2019 di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/11) sore.

Menpora didampingi Staf Ahli Kerjasama dan Kelembagaan Chandra Bhakti, Plt Asdep Olahraga Prestasi Ahmad Arsani dan Ketua Steering Committee Piala Presiden, Maruarar Sirait.

Menpora menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo yang juga merupakan mantan Walikota Surakarta (Solo) periode 2005-2012 tersebut.

“Beliau menitipkan salam pada Anda semua, tetapi karena ada kegiatan lain Presiden Jokowi berhalangan membuka turnamen ini,” kata Menpora dalam sambutannya yang dikutip MINA, Kamis (21/11).

Menpora berpesan kepada seluruh pemain dari sembilan tim IBL yang ambil bagian dalam Piala Presiden  agar terus memberikan yang terbaik dalam ajang tersebut.

Menpora juga mengapresiasi kepada pihak penyelenggara yang diketahui telah mengumumkan keterbukaan penggunaan anggaran Piala Presiden tanpa dana pemerintah dan sepenuhnya dari sponsor swasta.

“Itu bagus. Prestasi harus diikuti integritas dan keterbukaan. Pemerintah menghargai dan mengapresiasi upaya masyarakat bagaimana menyelenggarakan ajang olahraga,” katanya.

Sementara itu Ketua Steering Committee Piala Presiden, Maruarar Sirait, mengapresiasi kedatangan Menpora untuk membuka turnamen bola basket yang menjanjikan hadiah terbesar selama sejarah bola keranjang di Indonesia.

“Kita mampu menggelar turnamen bola basket tanpa uang negara dengan hadiah terbesar sepanjang sejarah basket Indonesia,” katanya.

Dalam upacara pembukaan, Menpora juga  melakukan lemparan mula (tip-off) untuk mengawali gim kedua hari pertama Piala Presiden antara Prawira Bandung kontra Satria Muda Pertamina Jakarta. (R/LM/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)