Kejuaraan Karate Al-Fatah Nasional AKC V 2021

(Foto: Istimewa)

Maos, Cilacap, MINA – Persaudaraan Al Fatah atau Al Fatah Karate-Do (AFKDO) dapat menyelenggarakan Al Fatah Karate Championship (AKC) V pada Junat-Sabtu, 12 – 13 Maret 2021 di Ponpes Al Fatah Maos, Cilacap.

Menurut Zulfahmi Pasha sebagai ketua panitia pelaksana AKC V 2021 menjelaskan, jumlah peserta kejuaraan tingkat nasional ini ada 205 peserta dari kelas Pra-Usia Dini (7 tahun) sampai kelas Senior (19 tahun).

Para peserta utamanya berasal dari dojo-dojo yang bernaung di bawah pembinaan AFKADO yaitu yang berada di pondok-pondok pesantren group di seluruh Indonesia.

“Dapat disebutkan di sini adalah utusan Ponpes Al Fatah dari Lampung, Samarinda, Singkawang, Ambon dan Maos, Cilacap,” kata Pasha kepada MINA, Sabtu (13/3).

Selain dari jaringan ponpes Al-Fatah seluruh Indonesia, para peserta juga berasal dari berbagai dojo dan perguruan yang tersebar dari Jawa Barat, Jawa Tengah (terutama Cilacap dan sekitarnya), Sulawesi Utara dan Kalimantan Selatan.

Pasha berharap event ini jadi wahana silaturrahim dan parameter pembinaan beladiri karate di segenap ponpes Al-Fatah.

Dia juga mengatakan, dari kejuaraan ini dapat tampil bibit-bibit unggul untuk dikembangkan menjadi atlet-atlet yang dapat berkiprah di kejuaran nasional maupun internasional.

Mengingat situasi pandemi maka hanya jenis Kata Virtual yang dilaksanakan. Beberapa hari sebelumnya para official yang anak asuhannya ikut bertanding telah mengirimkan rekaman video dari penampilan setiap atlet sesuai jenjang usianya.

Semua rekaman video tersebut diuji dan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari salah satu Juri Senior FORKI Kabupaten Cilacap serta beberapa juri dari perguruan INKAI, INKADO, BKC dan lainnya.

AKC V 2021 ini adalah prestasi tersendiri karena persiapannya kurang dari dua bulan dengan sumberdaya pendukung yang seadanya.

Seharusnya AKC V dilaksanakan setahun yang lalu namun Pengurus Pusat AFKADO harus menangguhkannya karena di puncak masa pandemi.

Kejuaraan yang dibuka oleh Sekjen AFKADO Ibnu Romadon dan disaksikan oleh Pimpinan Ponpes Al Fatah Maos Cilacap, KH. Arief Hizbullah, Lc,MA adalah bagian dari rangkaian kegiatan Ta’lim Pusat Jamaah Muslimin (Hizbullah) tahun 1442 H.

Penyelenggaraan kegiatan ini dibiayai dari dana Ta’lim Pusat serta biaya registrasi peserta dan donasi.

Selain juara individual juga akan dipilih juara umum dari dojo-dojo Al-Fatah yang mencatat kemenangan terbanyak.

Kegiatan ini pun dapat disaksikan secara virtual di Youtube pada link berikut : https://youtu.be/o1gg6HyU3wo. (L/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.