Kejuaraan Panjat Tebing Asia 2019 Resmi Digelar

Bogor, MINA – Kejuaraan Panjat Tebing bertajuk Asia 2019 resmi diselenggarakan di Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Rabu (6/11).

Event bergengsi tersebut berlangsung mulai Rabu-Ahad (6-10) November 2019 mendatang. Demikian laporan yang diterima MINA, Kamis (7/11).

Acara itu terselenggara berkat kerja sama Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Supersport Sensation International (SSS) dan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Kejuaraan ini diikuti oleh 299 peserta dari 14 negara. Wakil Ketua Umum PP FPTI Ferry Ardiansyah menjelaskan, keempat belas negara tersebut adalah Kamboja, China, Hong Kong, Indonesia, India, Iran, Jepang, Kazakhstan, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Taiwan.

Nantinya ada 8 nomor dengan total 24 medali yang akan diperebutkan seluruh peserta. Kedelapan nomor tersebut yakni lead putra-putri, boulder putra-putri, speed putra-putri, dan combine putra-putri.

CEO SSS, Azwan Karim mengatakan, harapannya ajang ini tidak hanya sukses sebagai penyelenggaran, namun juga atlet Indonesia dapat berprestasi.

“Cabor Panjat tebing memiliki potensi untuk berprestasi di ajang internasional. Saatnya atlet Indonesia membuktikannya di ajang ini. Karena kami berharap team Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di ajang Olimpiade Tokyo tahun 2020 mendatang,” katanya.

Sementaa itu, Ketua Umum FPTI Faisol Riza menjelaskan kegiatan ini digelar untuk mencari bibit-bibit baru atlet panjat tebing.

“Olah raga panjat tebing merupakan salah satu cabor di mana Indonesia sangat berprestasi di level dunia, dan beberapa atlet Indonesia merupakan juara dunia di kategori Speed yaitu Puji Lestari, Alfian M. Fajri dan Aries Susanti,” jelasnya.

Opening ceremony ini pun dihadiri langsung oleh Menpar Wishnutama, dan Bupati Kabupaten Bogor Ade Munawaroh Yasin. (R/LM/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)