Indonesia Raih Sukses di Kejuaraan Panjat Tebing Asia

Cibinong, Bogor, MINA – Kejuaraan Federation of Sports Climbing (IFSC) Asian Championship 2019 sejak Rabu (6/11) di Cibinong Kabupaten Bogor, diikuti 299 peserta dari 14 negara, telah resmi berakhir pada Ahad (10/11).

“Indonesia sebagai tuan rumah sukses secara penyelenggaraan dan prestasi yang membuat panjat tebing Indonesia mulai menatap persiapan menuju Olimpiade 2020,” demikian CEO SSS (Supersport Sensation International), Azwan Karim dalam keterangan yang diterima MINA, Senin (11/11).

Ia mengatakan, persiapan panitia pelaksana (Panpel) yang baik dan matang menjadi kunci sukses terselenggaranya event ini dan ia juga berharap ajang ini menjadi pemanasan atlet sebelum berlaga di Olimpiade 2020 di Tokyo.

“Cabor Panjat Tebing memiliki potensi untuk berprestasi di ajang internasional. Saatnya atlet Indonesia membuktikannya di ajang Olympiade 2020 tahun depan,” tutur Azwan.

Dalam kejuaraan yang baru berlangsung, Indonesia berjaya meraih lima medali terdiri dari tiga medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu, dari 6 medali yang diperebutkan.

Untuk speed world record putra, Indonesia menyapu bersih medali emas hingga perunggu. Emas diraih oleh Veddriq Leonardo dengan catatan waktu 5,406 detik yang mengalahkan relam senegaranya, Kiromal Katibin yang meraih waktu 5,547 detik.

Adapun medali perunggu diraih Rahmat Adi Mulyono dengan catatan waktu 6,122 detik, setelah mengalahkan atlet Indonesia lainnya, Zaenal Aripin, yamh mengalami fall.

Sementara itu di nomor speed world record putri, Indonesia memenangkan satu meda;o emas dan satu medali perunggu. Medali emas diraih oleh Nurul Iqamah dengan catatan waktu 7,700 detik.

Ajang terselenggara berkat kerja sama Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Supersport Sensation International (SSS), serta dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Kejuaraan tahunan ini diselenggarakan di bawah Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC) dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

Sementara itu Sekjen FPTI, Sapto Hardiono mengatakan: “Alhamdulillah kami masih diberikan kepercayaan oleh IFSC Asia untuk kembali menyelenggarakan Asian Championship 2019 yang tentunya harus dijawab dengan  sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi bagi tim Indonesia.” (R/LM/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.