PEMERINTAH AKAN KEMBANGKAN PESANTREN MARITIM

Direktur Pendidikan Diniyah dan Ponpes, Mohsen Al-Idrus memberikan sambutan pada Rakor Pendidikan Diniyah dan Ponpes, Jakarta (Foto: Kemenag)
Direktur Pendidikan Diniyah dan , Al-Idrus memberikan sambutan pada Rakor Pendidikan Diniyah dan Ponpes, Jakarta (Foto: )

Jakarta, 28 Rabi’ul Akhir 1436/18 Februari 2015 (MINA) – Kementerian Agama akan mengembangkan Pondok Pesantren (Ponpes) , berkerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

“Obyeknya pada pesantren-pesantren yang ada di wilayah pesisir”, demikian Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Mohsen Al-Idrus, dalam sambutan pada Rakor Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Jakarta, seperti rilis Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (18/2).

“September nanti, kita bekerja sama dengan , akan melaunching program Pesantren Maritim. Bahkan Bapak Presiden siap hadir dan membukanya,” kata Mohsen.

Ia meminta seluruh jajaran Dit PD Pontren, pusat dan daerah, untuk mempersiapkan  program ini secara matang sehingga dalam implementasinya mampu memunculkan banyak ponpes yang bergerak dalam usaha-usaha kelautan.

Terkait hal ini, Kemenag akan menyiapkan  pendidikan, pelatihan, pemberian bantuan, pengembangan usaha-usaha kelautan di berbagai wilayah pesisir di Indonesia.

Selain pengembangan pesantren pesisir, Dit. PD Pontren juga telah bekerjasama dengan dengan Bank Indonesia untuk Pengembangan Ekonomi.

Berikutnya juga bekerjasama dengan  Mahkamah Konstitusi, lanjut Mohsen, untuk memberikan pemahaman konstitusi terhadap lembaga pendidikan agama dan keagamaan Islam.

Ia menambahkan bahwa Dit PD Pontren juga mempunyai program prioritas tahun 2015, yakni: Program 10.000 Hafizh Al-Quran ,  Pendidikan Kader Ulama, Program Takhasus Tafaqquh Fiddin, Pengembangan Pesantren Bahari, Pengembangan Lifeskill dan Enterpreneurship, Pendidikan Keagamaan Terpadu di Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan.

Dikatakan Mohsen, program-program tersebut didesain tidak dalam kerangka mengkooptasi pesantren. Mohsen sadar bahwa pesantren hadir di tengah masyarakat, karena kemandiriannya. Untuk itu, program Dit PD Pontren justru dalam kerangka memperkuat kemandirian pesantren.

“Kita harus pro aktif dalam penguatan kemandirian Ponpes. Jangan buat pesantren tergantung pada pemerintah. Pemerintah hadir dan ikut memfasilitasi dalam hal dan batas tertentu. Kita mempunyai banyak pekerjaan. Untuk itu, segera kita menyamakan persepsi dan mengkorelasikannya dengan semangat kita yang juga baru,” imbau Mohsen. (T/R11/P2 )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=240012

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0