Kemenag-Bank Dunia Jalin Kerja Sama Pendidikan Islam Terpadu

Menag Lukman bersama Delegasi Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves (Foto: Rusydi)

Jakarta, MINA – Kementerian Agama (Kemenag) bersama Bank Dunia (World Bank) sepekat menjalin kerja sama dalam pengembangan pendidikan Islam terpadu dan menyeluruh pada empat wilayah strategis.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima Delegasi Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves dan Noah Yarrow di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat petang (06/04).

Rodrigo Chaves menyatakan, empat wilayah strategis tersebut meliputi: pembenahan sistem informasi pendidikan, perencanaan dan penganggaran pendidikan berbasis elektronik, peningkatan kualitas guru, termasuk guru Pendidikan Agama Islam, dan pengembangan model penilaian lembaga serta hasil belajar siswa.

“Kami sangat mendukung karena memang empat poin yang disampaikan adalah poin-poin yang penting dalam upaya mengembangkan pendidikan keagamaan secara menyeluruh,” kata Lukman, demikian dikutip dari Kemenag.

Lukman menjelaskan kepada Delegasi Bank Dunia bahwa Indonesia adalah bangsa agamis yang tidak bisa dipisahkan dari nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami adalah kementerian yang secara khusus mengemban misi agar pendidikan keagamaan itu dari waktu ke waktu semakin membaik dan kerukunan hidup umat beragama yang majemuk juga semakin membaik,” ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap kontribusi Bank Dunia ikut memberdayakan penguatan  pendidikan keagamaan adalah proses yang sangat penting dalam menciptakan peradaban dunia yang lebih baik sesuai dengan misinya mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan.

“Jadi sekali lagi saya ingin menyampaikan dukungan sepenuhnya atas inisiasi dan kesedian Bank Dunia untuk bekerja sama dengan Kemenag khususnya dalam empat poin tadi yang memang sesuai dengan konteks kekinian,” tambahnya.

Turut mendampingi Menag Lukman, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Kepala Biro Humas, Data dan Informasi (HDI) Mastuki, Staf Khusus Menag Hadi Rahman dan  Kepala Bagian TU Pimpinan Khoirul Huda. (R/R10/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)