Kemenag Gelar Sidang Itsbat Awal Dzulhijjah 1438 H

Jakarta, MINA – (penetapan) awal Dzulhijjah 1438 H yang digelar sore ini, Selasa (22/8) di Kantor Kementerian Agama, Jl. MH Thamrin No. 6 Jakarta diawali dengan paparan posisi hilal awal bulan Dzulhijjah 1438H oleh Tim Hisab Rukyat  Kementerian Agama Cecep Nurwendaya.

Tampak hadir dalam paparan tersebut, Sekjen Kemenag Nur Syam mewakili Menteri Agama, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher,  Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, sejumlah Duta Besar Negara-negara Sahabat, dan pimpinan Ormas-ormas Islam

Dikutip dari rilis Kemenag, penentuan awal Dzulhijjah 1438 H, menunggu hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota. Mereka bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi terkait setempat.

“Hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia dan Data Hisab Posisi Hilal awal Dzulhijjah 1438 H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat awal Zulhijjah untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Zulhijjah 1438 H,” ujar Amin.

“Ada 70 lokasi rukyatul hilal awal Dzulhijjah yang tersebar di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sidang itsbat digelar usai shalat Maghrib, dilakukan secara tertutup di Auditorium H.M. Rasjidi lalu dilanjutkan dengan jumpa pers hasil sidang itsbat. (R/R05/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)