Kemenag Lobi Dubes Saudi Bisa Berangkatkan Jamaah Umrah Indonesia

Jakarta, MINA – Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah kembali bersilaturahim dengan Duta Besar Arab Saudi di Jakarta, Esham Altsaqafi.

Khoirizi menjelaskan,  penanganan Covid-19 di Indonesia terus membaik. Jamaah umrah Indonesia juga siap untuk mengikuti prokes yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

“Kami berharap pemerintah Arab Saudi memberi kesempatan kepada jamaah umrah Indonesia untuk bisa berangkat ke Tanah Suci,” kata Khoirizi di Jakarta, dikutip dari laman Kemenag, Kamis (23/9).

Sementara itu, Dubes Arab Saudi Esham Altsaqafi menegaskan, Saudi tidak pernah melarang umat Islam Indonesia untuk melaksanakan umrah.

Menurutnya, pengaturan dilakukan semata dalam rangka mengatasi pandemi. Apalagi, hubungan Arab Saudi dan Indonesia juga sangat baik.

Esham mengaku baru saja melaporkan kepada otoritas Arab Saudi bahwa kasus Covid-19 di Indonesia sudah mulai melandai.

Informasi ini ia sampaikan agar menjadi pertimbangan bagi pemerintah Arab Saudi.

Menurutnya,  meski penyelenggaraan umrah sudah dibuka sejak Muharam 1443H untuk beberapa negara, namun peminatnya masih sepi, hanya sekitar 1.000 – 1.500 orang,  disebabkan prosedur penyelenggaraan umrah yang sangat ketat, demi mencegah penyebaran pandemi.

Ikut hadir dalam pertemuan itu, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Nur Arifin, Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Hendraning Kobarsih, dan Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Silviana. (R/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.