Kemenag Lokomotif Kerukunan Umat Beragama

Jakarta, MINA – Ketua Komisi VIII DPR RI M. Ali Taher mendukung langkah Kementerian Agama () untuk mengambil peran besar dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Mengingat, dalam situasi jelang Pemilihan Umum (Pemilu), menurutnya Kemenag harus bisa menjadi lokomotif kerukunan umat beragama.

“Kerukunan umat beragama harus jadi fokus kita. Jelang Pilpres dan Pileg, isu SARA menguat. Ada perasaan gamang antara substansi agama akan terganggu dengan realitas social,” ungkap Ali Taher saat rapat kerja dengan Menteri Agama Lukman H. Saifuddin, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (9/1).

“Karena itu, konsolidasi internal umat beragama dan pemerintah harus jadi perhatian di tahun 2019,” sambungnya.

Dikutip dari rilis DPR, diharapkan pada 2019, jajaran Kemenag semakin solid dengan segala tantangan yang ada.

Meskipun merujuk pada evaluasi anggaran 2018, Kemenag tergolong sebagai institusi dengan penyerapan yang cukup baik. Sehingga ke depan, perlu ditingkatkan dengan tantangan 2019 yang lebih berbeda dengan 2018.

“Jadi ini satu hal yang berprestasi. Kita harus support ke depannya agar bisa seperti ini lagi. Sudah cukup realisasinya dan sudah WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Tinggal yang perlu diatur adalah menjaga sinergi yang baik antara Komisi VII dengan Kemenag,” pungkasnya. (R/R05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.