Kemenag RI-Kemendikti Sudan Jalin Kerjasama

Jakarta, MINA – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia menandatangani nota kesepahaman () dengan Kementerian Pendidikan Tinggi (Kemendikti) Republik Sudan tentang Pendidikan Tinggi dan Riset.

Penandatangan MoU dilakukan antara Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin dan Sekretaris Menteri Sudan, Azhary Omer Abdul-Albaghi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (17/7).

Tampak hadir juga Direktur Jenderal Training dan Pengembangan Kapasitas Mohammaed Hasan Dahab, Dubes Republik Sudan di Jakarta, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam M. Arskal Salim GP, serta para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Kamaruddin menyambut baik kerjasama ini dan berharap akan memberikan manfaat untuk kemajuan pendidikan tinggi kedua negara. “Saat ini lebih dari seribu mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Sudan dan tersebar di berbagai kampus,” jelas Kamar.

Hal senada diungkapkan Azhary Omer Abdul-Albaghi bahwa pihaknya sangat senang dan bahagia karena ini akan meningkatkan hubungan yang selama ini sudah terjalin.

“Semoga dengan kerjasama ini akan banyak mahasiswa Sudan yang akan belajar keagamaan di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Arskal Salim, sejalan dengan MoU ini, akan ada beasiswa bagi 50 mahasiswa Sudan dalam kurun waktu lima tahun ke depan yang akan disebar pada PTKIN di seluruh Indonesia. Mengenai hal tersebut para pimpinan PTKIN menyambut baik dan akan menindaklanjuti kerjasama ini dengan pimpinan perguruan tinggi di Sudan.

Kerjasama ini meliputi bidang pendidikan tinggi, riset bersama, pengembangan sumber daya manusia untuk kalangan akademisi dan peneliti (program beasiswa), pertukaran pengalaman, bahan dan pengetahuan tentang pengelolaan pendidikan, kunjungan mahasiswa, ahli, ilmuwan, dosen, dan pemeriksa, seminar, lokakarya dan konferensi bersama, serta kunjungan antara perguruan tinggi. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.