Kemendikbud – Casio Computer Co., Ltd. Jalin Kerjasama Bidang STEM

Jakarta, MINA — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ( RI) menjalin kerjasama dengan ., Ltd., untuk meningkatkan kompetensi di bidang sains, teknologi, kerekayasaan, dan matematika (STEM).

Hal ini diwujudkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud RI), Muhadjir Effendy dan Wakil Presiden Eksekutif Casio Computer Co., Ltd di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (27/09/2018).

“Penandatanganan naskah perjanjian kemitraan ini menandai upaya bersama kita dalam rangka memperkuat kerja sama di bidang pendidikan, khususnya dalam pengembangan kompetensi di bidang sains, teknologi, kerekayasaan, dan matematika,” kata Mendikbud.

Dalam perjanjian tersebut, kedua pihak setuju untuk bersama-sama meningkatkan kompetensi pendidik serta mengembangkan minat dan kompetensi peserta didik dalam bidang sains, teknologi, kerekayasaan, dan matematika, sekaligus pengembangan perangkat kurikulum, metode pembelajaran, dan bahan ajar dalam bidang yang sama.

Perjanjian ini juga dilakukan untuk peningkatan minat dan kompetensi peserta didik melalui magang, kunjungan belajar dan pelatihan, serta pengembangan perangkat kurikulum, metode pembelajaran, dan bahan ajar didukung dengan teknologi kalkulator saintifik.

“Dunia ini terus berubah, teknologi berkembang sangat cepat. Oleh karena itu, kami harus mempersiapkan pelajar Indonesia agar siap menghadapi persaingan di masa yang akan datang. Saya yakin dengan kemitraan ini akan membawa pengaruh positif bagi pelajar Indonesia, sehingga mereka memiliki kompetensi unggul untuk menjadi calon pemimpin masa depan,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Hiroshi Nakamura, Wakil Presiden Eksekutif Casio Computer, mengungkapkan rasa bangganya dapat memberikan konstribusi dalam pengembangan pendidikan STEM di Indonesia.

“Casio merasa bangga bisa berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya pada bidang sains, teknologi, kerekayasaan dan matematika. Kami telah mengamati kebutuhan para pendidik dan peserta didik di Indonesia dengan seksama, agar mampu memberikan perangkat terbaik yang kami yakini bisa meningkatkan kompetensi peserta didik dalam bidang sains, teknologi, kerekayasaan dan matematika,” ucapnya.

“Semua program yang telah dan akan kami jalankan sudah kami formulasikan sedemikian rupa agar bisa meningkatkan kompetensi pengajar dan peserta didik di Indonesia, yang diikuti dengan penyediaan perangkat kurikulum, metode pembelajaran dan bahan ajar,” tambahnya.

Bersama dengan Kemendikbud RI, Casio memberikan kesempatan bagi 20 orang pelajar untuk melakukan praktik kerja lapangan di pabrik Casio di distrik Amphoe Chokcai, Nakhon Ratchasima, Thailand. Kerja sama ini, juga untuk pengembangan perangkat, kurikulum metode pembelajaran, dan bahan ajar pada bidang sains, teknologi, kerekayasaan dan matematika. (L/R10/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)