Kemendikbud Tegaskan Formasi CPNS Guru ke Depan Tetap Ada

Jakarta, MINA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () menyatakan formasi calon pegawai negeri sipil () bagi para guru ke depan tetap akan .

“Saya menegaskan bahwa Formasi CPNS Guru ke depan tetap akan ada karena kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem A. Makarim, Selasa (5/1).

Kebijakan tahun 2021 adalah fokus pada perekrutan guru honorer melalui jalur PPPK sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes).

“Kami mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK. Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPNS. Kami terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya,” ujarnya.

Di tempat berbeda Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Iwan Syahril, menegaskan, fokus tahun ini adalah perekrutan satu juta guru melalui jalur PPPK.

Pemerintah mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK. Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar menjadi CPNS.

“Kemendikbud terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya,” kata Iwan.

Tahun ini, pemerintah membuka kesempatan bagi para guru honorer, termasuk guru tenaga honorer kategori 2 (eks-THK-2), untuk mendaftar dan mengikuti ujian seleksi menjadi guru PPPK. Kebijakan ini telah diumumkan Kemendikbud pada 23 November 2020 dan menjadi fokus Badan Kepegawaian Negara (BKN) di tahun 2021. (L/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.