Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mendikbud Tekankan Pentingnya Digitalisasi Pendidikan di Masa Pandemi

Widi Kusnadi - Kamis, 15 April 2021 - 22:36 WIB

Kamis, 15 April 2021 - 22:36 WIB

2 Views

Jakarta, MINA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Anwar Makarim mengatakan, teknologi hari ke hari semakin tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan.

Mendikbud merespon hal tersebut dengan menjadikan digitalisasi sekolah sebagai salah satu prioritas dari merdeka belajar melalui pengembangan platform pendidikan nasional berbasis teknologi dan pembangunan infrastruktur kelas atau sekolah masa depan.

Covid-19 membuktikan betapa besar peran teknologi dalam memastikan anak mendapatkan pendidikan pembelajaran, di saat pembelajaran tatap muka tidak mungkin dilakukan, kita bersiap menjalankan pembelajaran tatap muka terbatas yang mengharuskan sekolah menyediakan layanan pendidikan secara luring maupun daring.

Mendikbud menyebutkan, fasilitas dan infrastruktur teknologi yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal dan strategis oleh karena itu, terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru-guru tentang pemanfaatan teknologi dengan menyelenggarakan peningkatan kompetensi TIK atau pembelajaran berbasis TIK (PembaTIk).

Baca Juga: Universitas Lampung Sepakati MoU dengan Chosun University of Korea

Program ini adalah bimbingan teknis yang mengacu pada model kompetensi guru rancangan UNESCO dengan memanfaatkan portal rumah belajar sebagai medianya.

PembaTIK telah menjadi salah satu program unggulan pusat data dan teknologi Kemendikbud, diikuti oleh 70.300 guru di seluruh indonesia pada tahun 2020, tahun ini menargetkan 75.000 guru untuk mengikuti program bimbingan teknis.

Guru yang mengikuti program PembaTIK 2021 melalui empat tingkatan level,  1 literasi TIK, 2 implementasi TIK, 3 kreasi TIK, 4 berbagi dan berkolaborasi menghasilkan materi pembelajaran.

Ia menambahkan, tantangan global hari ke hari semakin menuntut SDM pendidikan yang tangguh, tangkas, cerdas, dan kreatif.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Anak, Kemendikbudristek Sediakan Konten Edukatif di Platform Digital

Guru yang memiliki kemauan untuk memaksimalkan potensi diri dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran adalah salah satu kriteria terpenting guru penggerak.

Para guru penggerak ini akan menjadi garda terdepan dalam  perbaikan kualitas pendidikan indonesia, peserta PembaTIK 2021 merupakan para tenaga pendidik terbaik indonesia yang siap untuk menjadi jawaban untuk tantangan global dihadapi bangsa ini dan mencetak calon-calon pemimpin masa depan dengan profil pelajar Pancasila. (R/Rd/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sembilan Santri MA Al-Fatah Lampung Ikuti KSM Tingkat Kabupaten

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Pendidikan dan IPTEK
Pendidikan dan IPTEK
Pendidikan dan IPTEK
Pendidikan dan IPTEK
Pendidikan dan IPTEK
MINA Millenia
MINA Health
Asia
Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto (foto: Humas Kemenko Polhukam)
Indonesia