Kemenpora Gelar Festival Olahraga Disabilitas 2018

Yogyakarta, MINA – Kementerian Pemuda dan Olahraga () bersama Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) DI Yogyakarta (DIY) pada Sabtu (20/10) pagi menggelar Olahraga Disabilitas 2018 di Lapangan Panahan Kenari, Yogyakarta.
“Olahraga disabilitas sekarang ini memilki prestasi yang luar biasa di Asia dan itu terbukti di Asian Para Games 2018,” ujar Kabid Olahraga Usia Dini, Lansia dan Lembaga Kemasyarakatan Kemenpora Agustin Arianti dalam sambutannya, demikian siaran pers Kemenpora menyebutkan.
“Dengan adanya Festival Olahraga Disabilitas ini diharapkan bisa menambah antusias bagi adik-adik disabilitas untuk berolahraga. Acara ini juga sejalan dengan gerakan ‘Ayo Olahraga”. Saya harap anak-anak bisa bermain dan berolahraga dengan senang,” katanya.
Dengan mengambil tema “Dalam Keterbatasan Mewujudkan Impian”, Festival Olahraga Disabilitas tahun ini melibatkan sebanyak 79 Sekolah Luar Biasa (SLB) di Provinsi DIY dengan diikuti kurang lebih 500 pelajar dari Kabupaten Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta.
Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan pada Festival Olahraga Disabilitas 2018 yakni atletik, bulutangkis, boccia, futsal, goal ball, dan judo.
Ketua Panitia Festival Ismun Dwi Karyatiningsih berharap dari kegiatan ini termotivasinya anak-anak pelajar di kalangan disabilitas. Setelah Asian Para Games 2018 yang menjadi bukti bahwa prestasi olahraga disabilitas sangat membanggakan.
“Kami menyelenggarakan acara ini bertujuan untuk sosialisasi cabang-cabang olahraga disabilitas yang kemarin juga dipertandingkan di Asian Para Games. Kegiatan ini baru dua kali kita adakan. Harapannya tiap tahun ada kegiatan semacam ini, dan menjadi stimulan bagi pemerintah daerah untuk menggiatkan olahraga disabilitas,” katanya.
Sukses Indonesia di Asian Para Games 2018 menjadi magnet positif bagi masyarakat untuk terus menggelorakan olahraga bagi para disabilitas.
Indonesia yang masuk peringkat lima besar Asian Para Games 2018 menjadi catatan prestasi yang membanggakan bagi kalangan disabilitas. Pencapaian itu menjadi yang terbaik untuk Indonesia pada keikutsertaan Asian Para Games sejak 2010 dengan mampu menghasilkan total 135 medali dengan 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu. (R/ais/RI-1)
Mi’raj News Agency (MINA)