KEMENTERIAN LHK PERINGATI HARI PERDAMAIAN DUNIA

Kementerian  Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (Foto: RRI)
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Foto: RRI)

Jakarta, 7 Dzulhijjah 1436/21 September 2015 (MINA) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dijadwalkan menyelenggarakan Peringatan Hari Perdamaian Dunia dan Deklarasi Indonesia Bergerak Menyelamatkan Bumi (Siaga Bumi) pada Senin (21/9) pagi, bersama Ketua MPR RI, para tokoh agama dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkungan.

Acara ini mengajak masyarakat untuk mencintai perdamaian dan lingkungan hidup dengan slogan Mari Tunjukkan Diri Sebagai Bangsa Cinta Damai!

Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam juga mengikuti kegiatan tersebut, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Rencananya Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar akan memberikan sambutan dalam acara ini, sedangkan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan akan memberikan amanatnya. Para tokoh agama dan LSM Lingkungan hidup juga akan berorasi bersama dalam kegiatan ini. Demikian rilis DMI diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Adapun pembicara utama (keynote speaker) dalam acara tersebut yaitu Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Din Syamsuddin, yang juga Ketua Presidium Inter-Religious Council (IRC)-Indonesia sekaligus Ketua Tim Penggerak Siaga Bumi.

Seluruh peserta yang mengikuti acara ini akan berkumpul sejak Pukul 08.00 pagi di Taman Arboretum Manggala Wana Bakti, Kompleks lalu berangkat bersama-sama menuju Taman Perdamaian (Peace Park) di Kompleks MPR/DPR/DPD RI.

Hadir pula dari lembaga pendidikan, para dosen, peneliti dan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), sedangkan dari LSM, para aktivis dan pimpinan World Wide Fund for Nature (WWF), World Peace Forum (WPF), dan Center for Dialogue dan Coorporation among Civilizations (CDCC).

Para tokoh ormas keagamaan pun hadir seperti Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). (T/P002/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)