Kemlu: Ekspor Produk Indonesia ke Brasil Sangat Menjanjikan

Duta Besar RI untuk Brasilia, Edi Yusup (foto: Kemlu RI)

Jakarta, MINA – Masyarakat Indonesia selama ini lebih mengenal melalui sepakbolanya. Kenyataannya lebih dari itu, ekspor dan investasi ke Brasil juga sangat menjanjikan.

Dalam rangka mendorong para pengusaha Indonesia membidik pasar Brasil, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerja sama dengan Learn Business Anywhere dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) selenggarakan seminar daring bertema “Menggali Potensi Bisnis ” pada Jumat (28/8).

Menurut Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, beberapa potensi produk ekspor Indonesia ke Brasil antara lain bahan bakar, otomotif dan suku cadangnya, ban, potassium, telepon seluler, obat-obatan, elektronik, kelapa sawit, kelapa kering, benang, sepatu olah raga, benang dan tekstil, kakao, ikan, beras, furniture, dan senapan.

Sementara untuk investasi, beberapa sektor yang potensial di Brasil adalah pembuatan kertas, pabrik makanan instan khususnya mie.

Brasil merupakan negara besar dengan penduduk kurang lebih 210 juta, luas wilayah yang besar seluas 8,5 juta km2, GDP sebesar 1,84 trilun Dollar AS dan pendapatan per kapita sebesar 8.700 Dollar AS.

Negara tersebut juga unggul di sektor industri penerbangan dan pertahanan, serta pertanian antara lain dengan kopinya yang terkenal. Brasil juga memerlukan banyak produk impor dari luar negeri, termasuk investasi. Untuk itu, terbuka peluang untuk ekspor produk-produk Indonesia dan juga investasi dari Indonesia di Brasil.

Seminar daring memberikan tips-tips untuk dapat merambah pasar Brasil. Dari sisi pemerintah, terus diupayakan pengurangan hambatan dagang dengan Brasil seperti mengurangi pajak impor, baik melalui pelaksanaan working group menindaklanjuti perjanjian perdagangan dengan MERCOSUR dimana Brasil merupakan anggota.

Seminar daring diikuti oleh lebih dari 200 orang yang di antaranya diisi oleh Duta Besar RI untuk Brasilia, Edi Yusup dan Wakil Ketua Komite Brasil KADIN, Agung Laksamana. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.