Kemlu.: Mesir Masih Sepenuhnya Kendalikan Perbatasan Rafah-Gaza

Kairo, – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Mesir Ahmed Abu Zeid mengatakan pihaknya masih memiliki kendali penuh atas perbatasan.

Hal ini dinyatakan menyusul seruan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk menutup perbatasan Mesir dengan sebelum perang berakhir.

“Mesir sepenuhnya mengontrol perbatasannya, dan masalah ini tunduk pada perjanjian hukum dan keamanan antara negara-negara terkait, sehingga setiap pembicaraan mengenai masalah ini umumnya harus diawasi, dan ditanggapi dengan sikap yang dinyatakan,” kata Abu Zeid, dikutip Cairo News Channel, pada Sabtu (13/1).

Ia juga menegaskan, peran Mesir dalam masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui penyeberangan , dan menyalahkan Israel karena menghalangi hal tersebut.

Baca Juga:  Ismail Haniya: Tidak Ada Satu pun Rumah Di Gaza Kecuali Ada Syuhadanya

“Kami telah memperjelas sejak hari pertama bahwa setiap keputusan yang menghalangi masuknya bantuan pada dasarnya adalah tindakan Israel, dan dilakukan melalui berbagai cara,” imbuhnya.

“Termasuk pemeriksaan ketat terhadap truk, membuang banyak waktu dalam proses pemeriksaan, dan mencegah dan menghalangi masuknya truck bantuan,” lanjutnya.

Sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan, Israel tidak dapat mengakhiri perangnya melawan pejuang Hamas sampai poros Philadelphia ditutup.

“Bahkan setelah Hamas dikalahkan, peralatan militer dan senjata mematikan lainnya akan terus memasuki pelabuhan selatan ini jadi tentu saja kita harus menutupnya,” kata Netanyahu sebelumnya, merujuk pada poros Philadephia.

Sebelumnya, sumber resmi Mesir membantah kepada media lokal apa yang dilaporkan laporan tentang adanya kerja sama Mesir-Israel mengenai poros Philadelphia. (T/R4/P1)

Baca Juga:  Massa Pendukung Israel Serang Mahasiswa Pro-Palestina di Universitas California

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.