Kendaraan Listrik Formula E Jadi Masa Depan Formula 1

Mobil Formula E Gen3 merupakan generasi terbaru yang menggunakan teknologi mutakhir. (Foto: fiaformulae)

Jakarta, MINA – Advisor Jakarta E-Prix 2023, Irawan Sucahyono, menyampaikan, merupakan masa depan dari Formula 1, di mana penggunaan kendaraan listrik merupakan masa depan, termasuk bagi mobil balap.

Kendaraan listrik yang minim suara, menurutnya akan menjadi tren. Tak kalah penting, kendaraan listrik juga dikenal ramah lingkungan yang bermanfaat untuk keberlanjutan bumi.

“Formula E sangat memperhatikan keberlanjutan. Jakarta E-Prix 2023 nanti akan ada audit karbon food print. Formula E menjadi event yang paling bersih,” ujar Irawan dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Ahad (21/5).

Ia melanjutkan, Indonesia ke depannya akan mengadakan standar (ISO) untuk event-event agar tetap memerhatikan dampak lingkungan.

Irawan juga bercerita, gelaran Jakarta E-Prix 2023 ini jauh lebih berkembang ketimbang tahun sebelumnya. Pertama, terkait hadirnya mobil balap Formula E Gen3 yang memiliki kecepatandan mesin yang lebih bertenaga.

Khususnya, pada kecepatan yang mengalami peningkatansignifikan menjadi 320 kilometer/jam. Jumlah ini jauh di atas Gen2, yang hanya menembus 250 kilometer/jam.

Kendati demikian, Irawan yakin dengan kemampuan para pembalap yang pasti mampu menunggangi mobil balap Gen3.

Selain itu, Jakarta E-Prix 2023 juga akan menghadirkan berbagai kegiatan hiburan, misalnya konser musik yang menghadirkan penyanyi dan musisi nasional serta manca negara.

“Intinya, balapan Formula E, selain menghibur, juga memperlihatkan perkembangan teknologi. Karena lompatan setiap generasi mobil Formula E sangat luar biasa, kemampuannya hampir dua kali lipat dibanding generasi sebelumnya,” pungkas Irawan.

Ia menambahkan, mobil Formula E Gen3 merupakan generasi terbaru yang menggunakan teknologi mutakhir. Mobil ini digadang-gadang merupakan yang tercepat, teringan, terkuat, dan paling efisien.

Sebagai mobil balap yang ramah lingkungan, mobil Formula E Gen3 juga tetap memperhatikan aspek-aspek berkelanjutan, dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk komponen ban, baterai, hingga konstruksi bodinya.

Ajang balap mobil listrik dunia Formula E, Jakarta e-Prix 2023 bakal digelar Sabtu dan Ahad (3-4/6) di AGI Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.