KEPALA DAKER MAKKAH: 222 JAMAAH AKAN DIBADALHAJIKAN

(Dok. Kemenag)
(Dok. Kemenag)

Makkah, 9 Dzulhijjah 1436/23 September 2015 (MINA) – Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat mengatakan, sebanyak 222 jamaah haji pada tahun ini akan dibadalhajikan.

“Sampai dengan siang hari ini, jamaah haji Indonesia yang akan dibadalhajikan berjumlah 222 orang,” terang Arsyad dalam kesempatan jumpa pers di Daker Makkah, Selasa (22/9), demikian siaran pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Jumlah ini, kata Arsyad, cenderung meningkat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau pada tahun 2013 jumlahnya 156, tahun 2014 jumlahnya 202.

“Peningkatan ini, salah satunya karena adanya peristiwa robohnya crane di Masjidil Haram yang juga menyebabkan banyak korban. Setidaknya ada 11 orang yang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka hingga harus dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi,” ujarnya.

Baca Juga:  Jamaah Haji Palestina Mulai Kembali ke Tanah Air

Sementara Kepala Bidang Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIH Ali Rokhmad mengatakan, 222 jamaah yang akan dibadalhajikan itu terdiri dari: 14 jamaah yang wafat di embarkasi Tanah Air, 120 jamaah yang wafat di Arab Saudi, 71 jamaah yang dirawat di ICU Rumah Sakit Arab Saudi, enam jamaah yang dirawat di ICU Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI), dan 11 jamaah yang dirawat di psikiatri BPHI karena mengalami gangguan jiwa.(T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Comments: 0