Kepala Mossad dan Intelijen Mesir Bertemu Secara Rahasia Bahas Aneksasi

Kepala Mossad Israel Yossi Cohen.

Kairo, MINA – Kepala Mossad Israel bertemu dengan kepala Badan Intelijen Umum Mesir, Abbas Kamel, selama kunjungan rahasia ke Kairo, sebuah sumber mengatakan kepada layanan bahasa Arab, The New Arab.

Yossi Cohen dari Israel melakukan perjalanan rahasia ke Kairo beberapa waktu lalu untuk bertemu dengan pejabat tinggi Mesir membahas aneksasi petak besar Tepi Barat, Palestina, yang diduduki, demikian sumber yang dekat dengan pemerintah Mesir.

Sumber yang berbicara dalam secara
anonim itu mengatakan, Cohen memproyeksikan kemungkinan reaksi terhadap aneksasi permukiman ilegal Israel dan sedang berusaha untuk mencegah reaksi potensial dari faksi-faksi Palestina, terutama Hamas di Jalur Gaza.

Sumber itu melaporkan, pihak Mesir dan Israel sedang mendiskusikan kemungkinan masalah “di luar kendali”.

Kekhawatiran terbesar Israel adalah bahwa Palestina akan bereaksi dengan kekerasan, terutama melalui aksi operasi bunuh diri, sebuah taktik yang biasa digunakan selama Intifada Kedua.

Menurut laporan, pembicaraan itu terjadi di hadapan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry.

Sumber juga mengungkapkan, pembicaraan antara pejabat Mesir dan Israel diikuti oleh briefing Mesir untuk para pejabat Yordania tentang sejumlah poin yang dibuat Cohen.

Mesir dan Yordania adalah satu-satunya negara Arab yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)